nhk

MotoGP 2016 Test Sepang: Sampai Hari Kedua, Mesin Evo RC213V 2016 Belum Bisa Apa-Apa?

ManiakMotor – Disebut ‘evo’ mesin pada RC213V lantaran evolusi atau perubahan bartahap. Perubahan sesuai aturan MotoGP 2016. Tetapi dalam dua hari test di sirkuit Sepang, Malaysia, pembalapnya belum bisa bicaranya banyak. Itu diukur dari Honda sendiri dan pembalapnya seperti Marc Marquez dan lebih-lebih Dani Pedrosa yang katanya cocok dengan regulasi baru.

Hari pertama Pedrosa sempat melejit namun di akhir sesi dirontokan dua Yamaha membuatnya hanya ke-3. Pedrosa sendiri di hari kedua terlempar ke posisi 12. Di test ini nya dia jadi andalan Repsol Honda Team lantaran berpengalaman dari perjalanan perubahan aturan di MotoGP. “Setelah kecelakaan Loriz Baz ban belakang tipe lembut ditarik Michelin. Lomba juga terhenti lama, padahal saat  itu pas menggunakan ban tersebut. Cuaca terlalu panas, gripnya kurang,” alasan Pedrosa yang ‘hanya’ mencetak 2:01.475 atau hanya naik sikit dari time-nya hari pertama yang 2:01.780.

Pokoknya kata Pedrosa semuanya serba sulit dan menurutnya tak ada perkembangan dalam test hari kedua. Entah dari sisi elektronik dan distribusi bobot pada motornya. Jadi tak ada kesimpulan dari hasil test hari kedua tersebut.  Dia tinggal berharap menunaikan tugasnya di hari terakhir Rabu ini.

Nggak beda jauh dengan Marquez. Katanya walau dia bisa memukul 1,5 detik dari catatannya di hari pertama, tapi kemajuannya kurang mantap. Bisa begitu? Ya itu tadi, posisi Marquez dengan Honda itu jaminan selalu teratas. Di hari kedua dia masih beda 0.748 detik dari yang tercepat dank ke-4 dengan 2’00.843. “Hari terakhir ini masih fokus pada elektronik pada dua motor pakai evo mesin,” jelas Marquez.

Masih jauh memang bilang Honda belum siap dengan motor edisi 2016. Masih jauh juga soal analisa para pakar yang biasa bermain enak dengan Bridgestone, belum tentu cocok dengan ban merek yang beda. Masih belum bisa dipatenkan juga, kalau Bridgestone cocok dengan Honda dan Michelin dengan Yamaha. Sebab, test saja masih ada hari ini atau hari terakhir di Sepang. Juga masih disusul dua kali test di Australia dan Qatar, sebelum lomba itu sendiri. Tapi kalau analisa nggak siap di test Sepang ini, ya bisa jadi? Ito

BACA JUGA

Hasil MotoGP Test Sepang, Malaysia 1 – 3 Februari 2016

MotoGP 2016 Test Sepang: Rahasia Barbera Dan Petrucci Pukul-Pukuli Pabrikan Di Hari Kedua

MotoGP 2016 Test Sepang: Hari Kedua Duet M1 Lorenzo-Rossi Paling Konsisten 2 Menit 1 Detik

MotoGP 2016 Tes Sepang: Hari Ke-2 Ditutup, Petrucci Jadi Jagoan, Lorenzo Cukup Kedua..!!

MotoGP 2016 Tes Sepang Hari Ke-2: Jelang Makan Siang, Susah Melewati Ducati Petrucci???

BAGIKAN