nhk

MotoGP 2016 Test Sepang: Stoner, ECU Magneti Marelli Tetap Canggih, Ducati GP16 Banyak Sensor

ManiakMotor – Yang jelas alat yang terpasang dari lengan ayun sampai ke ujung belakang atau rear and di roda Ducati GP16 adalah sensor. Terutama berhubungan dengan kinerja ban Michelin yang akan digunakan MotoGP 2016. Sensor untuk data yang terintegrasi pada telemetri, kaleee..! Selebihnya tanya orang Ducati deh, hehe.

Kotak alat ini ada empat rangkian, di belakang ban, di samping kiri-kanan ujung lengan ayun dan di atas buntut Ducati GP16 yang diuji Michele Pirro di Sepang, Malaysia pada Sabtu 30 Januari. Seperti kata Pirro, fokus testingnya pada kelistrikan dan Michelin. Ya ada hubungan dengan alat itu sehingga terlihat GP16 Pirro sangat ribet yang ditambah dengan sayap-sayapnya.

Disambung-sambung saja yang diceritakan Casey Stoner soal ECU seragam Magneti Marelli. Kata Stoner, elektronik itu nggak kalah-kalah amat dengan yang lama. “Menurut pendapat saya ECU Magneti Marelli   canggih. Hanya saja harus dipelajari sistem dan programnya. Kalau diam saja, akan seperti era 2006-2007,” jelas Stoner saat hari pertama naik Ducati lagi pada Sabtu 30 Januari kemarin setelah lima tahun lalu dia meninggalkannya ke Honda.

Sekadar diketahui khusus Ducati sudah lebih dulu menggunakan Magneti Marelli tahun lalu. Mereka sudah belajar duluan ketimbang Honda dan Yamaha yang baru tahun ini pakai elektronik tersebut. Jadi, Stoner sudah mendapati yang siap pakai alias ECU-nya telah diutak-atik sama dengan karakter motor, terutama yang Stoner gunakan di test pribadi Sepang ini, GP15.

Karena itu dia bilang oke-oke saja. “Sejujurnya, tidak ada perbedaan besar setelah saya mengggunakannya dengan Ducati,” tambah Stoner seperti menentang pendapat teman-temannya seperti joki Yamaha dan Honda yang pasti kalau dia dapat wild card yang jadi penantang utamanya. Siapa lagi kalau bukan Valentino Rossi, Jorge Lorenzo, Marc Marquez dan Dani Pedrosa. 

Wah sudah memulai perang tuh. Ito

BACA JUGA

MotoGP 2016 Test Sepang: Catatan 2’02.1 Dengan Ducati GP15 Bikin Kaget Casey Stoner

MotoGP 2016: Test Sepang Kali Ini Beda, Yang Tercepat Dan Konsisten, Sudah Unggul Sikit Pada Pengembangan

MotoGP 2016: Menuju Test Sepang Propaganda Rossi Vs Marquez Lewat Moto-X

MotoGP 2016: Ducati GP16 Tes Estapet Di Sepang, Diawali Pirro, Stoner Dan Duet Andrea

MotoGP 2017 Di Sentul Gagal, Ya Sabar Aja, Omongan Rossi Belum Ngaruh

BAGIKAN