nhk

MotoGP 2016 Test Valencia: Dovi dan Lorenzo, Dulu Musuh Besar Kini Musuh Dalam Selimut

Jorge Lorenzo dan Andrea Dovizioso

 

ManiakMotor – Sebagai pemegang tiga gelar jurdun, kehadiran Jorge Lorenzo pasti bawa keuntungan tersendiri buat Ducati. Itu kata Andrea Dovizioso, joki regular Ducati yang tahun depan jadi teammate JL di tim motor merah.

“Kami punya motor kompetitif. Punya pembalap bergelar juara sangatlah penting but tim saat ini. Bagi saya pribadi ada tantangan tersendiri untuk bertarung melawan rider juara seperti Jorge. Dan, tentu saja saya berambisi mengalahkannya di atas motor yang sama,” kata Dovi.

Dovi sebut JL adalah musuh bebuyutannya saat masih main di kelas 125 dan 250cc. Sekarang mereka satu tim tapi rivalitas tetap ada. JL adalah musuh dalam selimut baginya, dan begitu pula JL terhadap dirinya. Sebab, prinsip dalam satu tim bahwa musuh pertama yang harus dikalahkan adalah rekan setim sendiri. Karena alat ukurnya sama.

Seperti disinggung Andrea Iannone, Dovi juga sependapat kalau selama ini gaya balap JL cocok dengan karakter Yamaha M1 yang mudah dikendalikan. Beda dengan karakter Ducati yang cenderung liar, terutama area depannya. “Apakah riding style-nya cocok dengan Ducati? Itu sebuah pertanyaan yang sulit dijawab. Lorenzo tentu punya permintaan tersendiri untuk motor tahun depan, seperti halnya saya juga punya permintaan tersendiri. Dalam dua hari tes ini, segala sesuatunya akan dimulai dan disitulah akan terlihat feeling awal Jorge terhadap Ducati,” imbuh Dovi soal musuh dalam selimutnya itu.

Sayang, apa pun yang nanti dirasakan JL dengan Desmosedici GP17-nya, itu semua tak bisa ia ungkapkan secara terbuka jika dianggap menguntungkan Ducati. Pasalnya, ia masih resmi milik Yamaha hingga batas waktu 31 Desember 2016 malam dan sudah keluar perintah baginya untuk tidak koar-koar mempromosikan motor kompetitor. Ya tinggal dianalisa dari catatan waktunya saja. Andro