nhk

MotoGP 2016 Test Valencia: Paham Karakter Lorenzo, Hanya Ini Permintaan Ducati Saat Tes

Ducati, Lorenzo

ManiakMotor – Hari ini, 15 November 2016, bukan sedang berlangsung gelar perkara mantan Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Di sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol juga ada test yang diikuti semua tim dimulai pagi ini (sore di Indonesia). Jadi menarik dan diburu banyak jurnalis karena ada tiga pembalap papan atas naik motor baru.

Motor baru di sini bukan motor balap 2017, tapi pindah merek. Mereka adalah Jorge Lorenzo, pemenang seri pamungkas naik Ducati Desmosedici 2016, Maverick Vinales tunggang Yamaha M1 dan Andrea Ianonne besut Suzuki GSX-RR. Namun yang paling ditunggu adalah penampilan Lorenzo.

Motogp, Lorenzo, Gigi
Lorenzo dan Gigi pernah satu tim di kelas 250 cc

Gigi Dall’lgna, General Manager tim Ducati Course sekaligus otak dibalik kesuksesan tim pabrikan Italia musim balap tahun ini sudah punya pekerjaan khusus buat JL. “Dalam tes nanti, saya tidak berharap dia mendiskusikan soal Ducati. Paling utama, ia harus merasakan dulu. Perasaan pertama selalu sangat penting,” tegas Gigi.

Di mata Gigi, pembalap kelahiran Mallorca ini seorang cowok yang pintar dan mengerti akan motor yang dipakainya besok. Bahwa Ducati yang akan digenjot sangat beda dengan M1 yang sudah bertahun-tahun bersamanya. Jadi, Ducati dan JL perlu beradaptasi dengan kekuatan masing-masing untuk lomba 2017.

Debut Lorenzo sama Desmosedici di Valencia sore ini banyak diantisipasi pada motor. Paling utama, tentu menyangkut keseimbangan. Mengningat, tahun depan pemakaian sayap dilarang.

Makanya, ketika ditanya apakah Ducati akanb disesuaikan dengan Lorenzo atau Lorenzo harus menyesuaikan dengan motor? Gigi cepat menjawab,”Jorge orangnya pintar dan pasti dia mengerti bahwa mulai besok (hari ini) dia akan menggunakan motor yang berbeda.”

Begitu duduk di atas sadel Desmosedici dan melesat, lanjut Gigi, pertama-tama dia harus belajar dan mencoba untuk menyesuaikan gaya balapnya. Pada kesempatan ini, kita juga akan memberinya motor yang terbaik.

Tampaknya, Lorenzo tidak akan susah bekerja sama dengan Gigi. Mereka pernah satu tim semasa di kelas GP250 untuk Aprilia. “Lorenzo punya gaya balap berbeda dengan semua pembalap saat ini. Jadi set upnya harus berbeda dengan yang lain dan saya punya beberapa ide buat dia,” tutup Gigi. Rezki

 

VALENCIA TEST LINE-UP

Honda: Marc Marquez, Dani Pedrosa

Yamaha: Valentino Rossi, Maverick Vinales

Ducati: Jorge Lorenzo, Andrea Dovizioso

Suzuki: Andrea Iannone, Alex Rins

KTM: Bradley Smith, Pol Espargaro

Aprilia: Sam Lowes, Aleix Espargaro, Eugene Laverty

Tech3 Yamaha: Jonas Folger, Johann Zarco

LCR Honda: Cal Crutchlow

Marc VDS Honda: Jack Miller, Tito Rabat

Pramac Ducati: Scott Redding, Michele Pirro

Avintia Ducati: Hector Barbera, Loris Baz

Aspar Ducati: Alvaro Bautista, Karel Abraham, Francesco Bagnaia

BAGIKAN