nhk

MotoGP 2016: Thailand Tuan Rumah 2017, Finlandia 2018, Indonesia…??

ManiakMotor – Tidak ada respon dari Indonesia, Dorna lantas menerima lamaran Finlandia sebagai tuan rumah penyelenggara motogp. Hanya, bukan untuk jadwal musim depan, melainkan 2018. Tahun depan, jumlah pelaksanaan kelas premier beserta supportingnya – Moto3 dan Moto2 – akan bertambah satu seri, jadi 19 dengan masuknya Thailand yang akan segera diumumkan.

Finlandia sendiri bukan baru kali pertama gelar motogp. Negeri dengan julukan 1000 Danau (Thousand Lakes) ini terakhir menghajat kelas premier itu pada 1982 dan memiliki banyak sejarah di balap motor sejak 1962. Sirkuitnya di Imatra dan tempere, juga pernah gelar seri Formula TT di Kouvola.

Untuk pembalap MotoGP, terakhir Finlandia punya Mika Kalio tapi prestasinya kurang moncer. Tidak seperti Mika Hakkinen dan Kimi Raikkonen di arena F1 atau cabang reli yang telah melambungkan negeri tersebut sebagai lumbung pereli tangguh di antarany Hannu Mikkola, Tommy Makkinen, Ari Vatanen, atau Juha Kankkunen.

Kembali ke gelaran MotoGP,  Finland akan membangun trek baru bernama KymiRing. Lokasinya dekat kota Kausala. Dirancang bukan oleh Herman Tilke dari Jerman, melainkan perusahaan berbasis di Buckinghamshire Apex Circuit Design. Tepatnya, oleh Wurz Design’s Test & Training Company yang memiliki panjang 4,8 km dihiasi 15 tikungan. Standarnya Grade A berarti bisa mementaskan kejuaraan dunia Superbike dan MotoGP. Rezki

 

BACA JUGA 

MotoGP Sachsenring 2016 Jelang FP : Casey Stoner Dapat ‘Ilmu’ Baru dari Ducati 

MotoGP Sachsenring 2016 Jelang : Sss…sstt!! Indonesia Batal Tuan Rumah MotoGP 2017, Ini Alasan Dorna 

MotoGP 2016: Tahun Depan Pemakaian Sayap Dilarang, Kacian Lorenzo Dong! 

 

BAGIKAN