nhk

MotoGP 2016: Tiga Motor Podium Qatar Pakai Winglet, Alatnya Dilarang Akhir Musim


ManiakMotor – Kecuali M1 Valentino Rossi yang belum menggunakan winglet atau sayap pada fairingnya. Tiga musuhnya yang naik podium di GP Qatar semuanya pakai sayap. Tiga podium tersebut motornya bisa mengendalikan angin sebagaimana fungsi winglet.

Tapi rumornya alat ini berbahaya dapat ‘mengiris’ pembalap di samping bila permainannya ketat. Pula dapat mengiris badan pembalap bila terjatuh.  Makanya winglet di Moto2 dan Moto3 dilarang yang diumumkan di Qatar kemarin, kalau ini bukan rumor. Nanti bakal menyusul MotoGP di akhir musim. Katanya begitu.

Namun direktur olahraga Ducati Corse, Paolo Ciabatti saat di Qatar kemarin menanggapinya. Dia tak berpikir di MotoGP akan dilarang seperti dua kelas di bawahnya. “Saya nggak berharap winglet dihapus. Ini berguna untuk aerodinamika motor, bisa menekan wheelie, dan fungsi sebagainya,” kata Ciabatti.

Ciabatti juga seperti menyindir produsen lain yang di awal kemunculan Ducati tahun lalu pakai winglet, mereka pada menertawakan. Tertawanya memang nggak di depan Ducati, hehe. Sebab model Ducati seperti ikan lele  bila pakai sayap tersebut. Bahkan punya Andrea Iannone di Qatar kemarin sayapnya dua tingkat. Beda dengan punya Dovi yang hanya pada tudung fairing.

Ducati produsen pertama untuk memahami cara kerja winglet. Memang Yamaha mengaku sempat menggunakannya dulu, sudah lama. “Karena alat itu dapat bekerja pada aerodinamisnya. Beberapa pengendara ada yang mengeluh, tapi pada akhirnya pasti menggunakannya. Ini hanya sebuah evolusi teknologi pada MotoGP dan Ducati pelopornya,” tutup Ciabatti pada crash. 

Percaya bos. Buktinya tiga podium ronde pertama pakai alat temuan sampeyan. Ito

BACA JUGA

MotoGP 2016 Pasca Race Qatar: Iannone Dikalahkan Garis Putih

MotoGP 2016 Pasca Race Qatar: Vinales Kecewa Perilaku GSX-RR Saat Lomba, Beda Saat Latihan

MotoGP 2016 Qatar Pasca Race: Ke-3 Sudah Cukup Buat Marquez di Losail

MotoGP 2016 Qatar Pasca Race: Top Speed Ducati Dovizioso Berguna Di Losail

MotoGP 2016 Qatar Pasca Race: Keputusan Lorenzo Membawanya Juara

 

BAGIKAN