nhk

MotoGP 2016 Valencia (Jelang FP1/2): Jumpa Pers Marquez dan Rossi Jamin Tarung 100%

MotoGP Valencia 2016

 

ManiakMotor – Tak lagi menegangkan, tapi balapan ronde terakhir MotoGP 2016 di Valencia pada 13 November dijamin asyik. Semua pembalap mengaku akan kerahkan kemampuan terbaiknya dengan alasan pribadi masing-masing. Sebab di ronde ini para papan  atas sudah tak ada beban, bebas bermain lepas untuk melepas jurusnya. Kecuali posisi Jorge Lorenzo yang masih bisa terkejar Maverick Vinales di posisi ketiga klasemen dengan selisih 17 poin.

Begitulah prediksi para bintang MotoGP yang ikut sesi jumpa pers jelang GP Valencia. Mereka adalah Marc Marquez, Valentino Rossi, Jorge Lorenzo, Dani Pedrosa, Andrea Dovizioso dan Hector Barbera. Kecuali Pedrosa yang baru sembuh dari cidera tulang selangka, lima lainnya umbar janji tampil all out.

Terutama Marquez dan Rossi yang posisi 1 dan 2 ‘sudah aman’. “Tak ada lagi beban berlebihan dalam race ini, semua rider akan tampil 100%, termasuk saya. Dua race terakhir di Philip Island dan Malaysia berakhir buruk. Itu  bukanlah cara yang baik merayakan gelar juara dunia 2016. Karena itu ngotot menjadi juara di Valencia, sebagai perayaan bersama fans Spanyol,” tandas MM sembari senyum-senyum, senyumnya juara dunia.

VR tak kalah semangat meski sadar acap punya masalah di trek anticlockwise itu. “Tentu saja saya punya hasrat meraih kemenangan lagi di sini. Caranya dengan kerja keras sejak sesi latihan. Semoga cuaca mendukung,” harapThe Doctor yang ingin pastikan gelar kejuaraan tim buat Yamaha di race terakhir 2016.

Lorenzo malah bicara lebih panjang dan lebar.  Maklum, ini the last dance in blue. Ya, ini tarian terakhirnya di atas motor biru Yamaha. “Sembilan tahun bersama Yamaha, saya ingin mengakhirinya dengan sebuah kemenangan lagi. Ini balapan yang menguras emosi tersendiri,” kata Lorenzo yang juara tahun lalu di Valencia.

Kurang lebih samalah dengan ungkapan Iannone yang nggak hadir di jumpa pers, karena nggak didundang. Dia tampil terakhir bersama Ducati di Valencia. Besoknya saat test dia sudah coba-coba Suzuki di tempat yang sama. Ini kesempatan terakhirnya melakoni duel-duel sengitnya melawan Dovi sesama Ducati seperti selama ini yang ternyata punya daya tarik tersendiri. Dovi pun yang masih merasakan nikmatnya juara di GP Malaysia pun ikut kobarkan semangat 45. “Desmosedici sudah mendekati kekuatan Honda dan Yamaha, ini ingin dirasakan hal itu juga di Valencia yang treknya pendek-pendek,” sebut Dovi.

Hanya Pedrosa yang terkesan pasrah dan masih tanda tanya seberapa kuat fisiknya menjalani balapan. “Untungnya tikungan Valencia lebih banyak ke kiri dan itu akan sangat membantu,” tutur pembalap kidal ini.

Selain mereka, sayang Vinales tak hadir untuk mendengar pengejarannya ke posisi tiga klasemen. Vinales juga yang ditunggu-tunggi besoknya langsung menguji M1. Beberapa joki medioker pun akan tampil terakhir dengan timnya di Valencia macam Maverick Vinales, Aleix dan Pol Espargaro, Bradley Smith, Yonny Hernandez, Stefan Bradl,dan Eugene Laverty. Semuanya pasti ingin tampilkan yang terbaik di sesi perpisahan ini.  Andro

BAGIKAN