nhk

MotoGP 2016: Valencia Milik Anak-Anak Spanyol, Rossi Baru Dua Kali Juara Di Situ

MotoGP Valencia

ManiakMotor – Sebelumnya sirkuit Valencia di Spanyol menjadi milik Dani Pedrosa dengan Hondanya. Pedrosa tiga kali juara (2008, 2010 dan 2012) di MotoGP. Itu belum termasuk di kelas pembibitan sampai menengah Pedrosa juga jagonya di situ. Valencia banyak menikung kiri lantaran jalurnya berlawanan arah jarum jam yang jadi kesukaan Pedrosa.

Spesifikasi sirkuit Valencia
Spesifikasi sirkuit Valencia

Kondisi terkini, Pedrosa sulit diharapkan. Untuk tampil di ronde terakhir MotoGP 2016 yang berlangsung 13 November nanti, dia diragukan. Cidera Pedrosa dari Jepang belum sembuh total. Padahal Pedrosa ini jadi wakil Honda sirkuit yang kecil dan pendek, “Penyembuhan tiga minggu tidak mudah, memang masih sakit, terutama pasca operasi. Cuma saya rindu balapan di trek favorit,” bilang Pedrosa soal dirinya akan muncul di Valencia minggu ini.

Tenang, soal penguasaan sirkuit Valencia, Pedrosa sidah ada penggatinya, yakni Jorge Lorenzo. Lorenzo dalam lima tahun belakangan sudah tiga kali juara di Valencia. Yakni 2010, 2013 dan tahun lalu. Semoga saja Lorenzo serius bermain di Valencia, paling tidak mengembalikan  paceklik Yamaha dari 9 seri lalu nggak pernah juara pertama.

Para pencatat waktu tercepat dan podium 2015
Para pencatat waktu tercepat dan podium 2015

Berharap pada Valentino Rossi, spek Rossi di Valencia rada berat, sepanjang karirnya Rossi baru dua kali menang di situ. Itu pun era 90-an saat dia masih muda. Tapi namanya balap belum selesai, apa saja bisa terjadi. Rossi punya akal untuk itu lewat jam terbangnya yang paling banyak di antara pemain MotoGP.

Intinya dalam lima tahun terakhir ini, karekter Valencia yang sirkuit kecil dan pendek itu, bukan jadi milik merek. Tapi milik pembalap lokal. Kecuali 2011 sirkuit ini dijuarai oleh pembalap luar Spanyol, yakni Casey Stoner dengan Ducati. Selebihnya milik Lorenzo, Pedrosa dan 2013 dijuarai Marquez. Itu lima tahun terakhir loh.

Di atas kertas, Valencia memang milik Honda yang lincah di tikungan yang berdekatan, pendek dan sempit. Lebar lintasan Valenceia hanya 12 meter.  Panjang lintasannya hanya 4.005 meter dengan 14 tikungannya (lihat data). Karena berlawanan arah jarum jam, tikungannya banyak kiri. Tapi itu tadi, Valencia menjadi milik pembalap lokal, termasuk Maverick Vinales dengan Suzukinya punya kans di situ, siapa tahu. Ito

BAGIKAN