nhk

MotoGP 2016: Vinales Sebut Guru Terbaik Adalah Marquez, Rossi Tidak!

ManiakMotor – Judul itu benar bro, Mavarick Vinales sama sekalii tak sebut Valentino Rossi sebagai referensi pendalaman elmunya di MotoGP. Biasanya bagi pembalap yang ‘baru’, Rossi wajib disebut, kan dewa MotoGP. Vinales lebih banyak menunjuk pembalap Spanyol yang senegaranya, terutama Marc Marquez.  

Bisa jadi Marquez yang ia sebut dan diakuinya hampir punya jurus yang mirip dalam menunggang motor. Keduanya juga punya basis yang kuat dari garuk tanah. Marquez dari dirt track, Vinales malah lebih edan caranya bermain motocross, prof bro, bisa jumping-jumping tinggi dia. “Bagi saya pembalap yang perlu ditiru teknik-tekniknya adalah Marc. Ini sudah saya buktikan sendiri. Setiap kali Marc di depan saya, kinerja saya setiap lap juga membaik,” kata Vinales.

Artinya, cara-cara Marquez menyalip, menikung tajam, keluar dari tikungan dan sebagainya yang sudah didalami Vinales.  Contoh Vinales ketika di belakang Marquez dengan kemampuan motor yang ‘berbeda’, namun mampu mengikutinya. Tentu saja sembari mengikuti dengan memperagakan teknik dan jalur balap yang sama seperti cerita Vinales.   

Yang kedua menurut pembalap rookie of the year 2015 itu adalah Jorge Lorenzo. Tapi Lorenzo hanya disebut sikit, nggak banyak-banyak, ya mungking untuk merhargai saja. Yang banyak disebut malah Aleix Espargaro. Aleix katanya berjasa buat dirinya, karena jadi tutor baginya karena pendatang baru di MotoGP 2015 di kubu sama.

Aleix juga diakuinya sebagai guru dan lawan, karena sama-sama menggunakan motor yang sama alias Suzuki. Maksudnya dengan motor yang sama kemampuan dirinya akan terukur, kira-kira begitu. “Aleix dan saya memiki motor yang sama, sehingga memiliki performa yang seimbang. Dengan motor sama, jalur kami cenderung sama,” kata Vinales.

Eh ada salah satu legenda lagi yang disebutnya di luar Spanyol. Yakni mantan juara GP500 yang bernomor start 34. Itu dia Kevin Schwantz. Mungkin karena sama-sama Suzuki. Kalau Rossi nggak disebut, kemungkinan karena dari Yamaha, hehe, nggak ada hubungan. Ito

BACA JUGA

MotoGP 2016: Lorenzo Dikontrak Helm Hiu, Helm Lama Banyak Alasan

MotoGP 2016: Stoner Dilepas Honda, Sudah Lebih Lambat 1 Detik Dari Pembalap Pabrik

MotoGP: Kalender 2016 Menghapus Sirkuit Kesukaan Honda Dan Pembalapnya

MotoGP 2016: Bos Yamaha Belum Percaya Kecepatan Ducati Dan Suzuki

MotoGP 2016: Soal Tampang, Dovizioso Nggak Kalah Dengan Bintang Film Amrik Ini

 

BAGIKAN