nhk

MotoGP 2016: Vinales Segera Menyatu Dengan Yamaha M1 Di Test Valencia, Rossi Waspada

Suzuki GSX-RR Juara MotoGP

 

ManiakMotor – Muda pasti energik. Itu tuntunan mengamati gaya Maverick Vinales, dia berbeda dengan anak muda lain macam Marc Marquez. Vinales ini malah kalau diperhatikan perilaku membawa motornya antara Marquez dan Jorge Lorenzo. Nggak sehalus seperti Lorenzo, nggak berangasan amat di tikungan tajam-tajam seperti Marquez. Dia di tengah dengan gaya energiknya khas anak muda!

Tak sabar memang menunggu pertama kali Vinales geber Yamaha M1. Itu akan dilakukan Vinales usai lomba seri terakhir di Valencia. Lombanya sih 13 November 2016 ini. Macam mana saat anak Spanyol yang baru dua tahun di MotoGP  di jok  M1? “Nggak sabar coba motor spek juara tersebut. Karena motor itu juga saya tergoda dan jadi arah penentu karir saya selanjutnya,” sebut Vinales jelang GP Valencia.

Apakah Vinales langsung sejajar dengan M1 2017 Valentino Rossi? Analisanya sih, Vinales lekas  mendapatkan motor siap pakai edisi 2017, ya iya dong. Beda kan dengan Suzuki yang ‘baru’ balik lagi ke MotoGP memang targetnya hanya pengembangan. Gaya Vinales segera  pas dengan M1. Motor yang satu gaya dengan Vinales yang doyan rebah di tikungan-tikungan cepat, juga punya ‘isi’ di tikungan berdekatan yang energik tadi.

Walau pada test pertama ini hanya mengambil data dasar bagi pembalap yang ‘baru’ pindah merek, tetap menarik. Data itu akan dikembangkan sesuai bisikan Vinales yang memang joki baru di kubu Yamaha. Malah hari pertama test hanya mengatur ergonomik agar motor enak dibawa oleh jokinya.

Pendeknya, kesan awal di tes ini untuk membaca skill Vinales dengan M1. Apalagi cita-cita Vinales ini pertama kali akan setara dengan M1 Rossi. Itu wajar karena menggunakan motor yang sama. Ukurannya teman setim sendiri. “Valentino (Rossi) memang harus waspada, ia sasaran pertama Vinales. Pandangan saya, Vinales pembalap cerdas mudah menyesuikan dengan motor apa saja,” yakin Davide Brivio yang minggu ini masih bosnya Vinales di Suzuki sembari mengingatkan Rossi.

Lihat saja nanti pertama kali Vinales pakai M1. Tapi jangan lupa dulu menikmati GP Valencia. Kalau itu masih menarik. Ito

BAGIKAN