nhk

MotoGP 2016: Wuih…Rossi Kalahkan Pereli Dunia di Monza, Juara 5 Kali

Rossi, Reli, Monza, Italia, Monster

ManiakMotor – Valentino Rossi punya kebiasaan abis musim motogp setiap tahunnya. The Doctor tidak pernah absen mengikuti Monza Rally dan event tahun ini baru saja finish (4/12) dan berhasil dimemangkan oleh pembalap 37 tahun itu. Hebatnya lagi, Rossi menunjukkan kepiawaiannya dibalik kemudi mobil saat berlaga di kelas khusus “Mosnter Energy Master Show” dan dapat dimenangkannya.

“Tentu, menang reli dan Monster Show secara bersamaan sangat fantastis. Apalagi menang di depan grandstand dengan atmospir di Monza, sangat spesial buat saya,” ujar Rossi. Untuk event Monster Show, ini kemenangan kelimanya yang sebelumnya diukir pada 2006, 2007, 20012, 2015, dan 2016.

Rossi, Reli, Monza, Italia, Monster
Rossi saat menunggu hendak start SS

Kendati status relinya bukan kejuaraan dunia, VR yang didampingi (co-pilot) Carlo Cassina harus bersaing ketat dengan pereli dunia sekelas Daniel Sordo yang mengendarai Hyundai i20. VR hanya unggul 18,4 detik setelah menghabiskan 1 jam lebih untuk melahap 10 SS. Usai finish reli, peserta mesti tampil di Monster Energy Masters Show. Jadi, ada satu trek khusus di depan tribun yang bisa ditonton secara keseluruhan dan lintasannya aspal. Bisa juga disebut Super SS.

Menariknya, pesertanya tidak spesialis reli seperti Sordo. Selain Rossi dari motogp, juga ada pembalap ketahanan Marco Bonasnomi. Ia mengendarai Citroen dan kalah cepat setengah detik di belakang Sordo dan harus puas ketiga.

Pimpinan tim Suzuki motogp Davide Brivio juga ikutan. Ya, mumpung belum ada program tes. Ia menempati urutan kelima dan  teman Rossi, Alessio “Uccio” Saluci, itu

Rossi,Reli, Monza, Italia, Monster
Rossi saat bertarung di kelas Monster Energy Show. Kampas rem sampai menyala

lho yang suka kasih minum dan pegang kaca mata serta topi Rossi kalo di garis start, finish kesembilan. Juga ada mantan pembalap F1 Robert Kubica yang tangannya putus akibat kecelakaan reli di Italia juga.

Sama seperti reli-reli sebelumnya, Rossi duduk di belakang kemudi Ford Fiesta yang dipersiapkan oleh M-Sport dari Inggris. Spek mobilnya beda tipis sama mobil-mobil WRC (World Rallying Car). Tenaganya, sekitar 300 HP dengan kapasitas mesin 1.600 cc plus turbo (jadi 2.600 cc).

“Dalam beberapa tahun terakhir, kami bersama-sama Monster Energy  membangun acara yang sangat istimewa. Bisa menangkan reli dan juga kelas Master, wah sangat fantastis,” ujar reli. Diakuinya, ia sukses lantaran kondisi cuaca bagus dan ada dukungan penonton. “Makanya, ketika usai di Valencia, saya sudah sabar ingin bertemu kru tim dan mengendarai mobil reli,” tutup Rossi. Rezki

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353