nhk

MotoGP 2016: Yamaha Larang Lorenzo Ikut Tes Ducati di Jerez, Alasan Masih Digaji

Jorge Lorenzo jelang GP Jepang 2016

 

ManiakMotor – Sebagai anak baru, Jorge Lorenzo tentu ingin cepat beradaptasi dengan mainan baru pula. Yakni Ducati Desmosedici GP17 yang ia besut tahun depan. Sayang,Yamaha tak mengizinkannya, karena masih digaji Garputala.

Seperti yang lainnya, JL dijadwal ikut tes resmi di Valencia usai GP Valencia pada13 November. Karena resmi maka semua pembalap baru masing-masing tim boleh terlibat. JL dengan Ducati, begitupun Yamaha dengan Maverick Vinales.

Tapi, Ducati juga punya jadwal private test di Sirkuit Jerez, Spnyol, pada 23-24 November. Untuk itulah Ducati minta izin ke Yamaha untuk libatkan Lorenzo yang sayangnya ditolak oleh Yamaha. Meski kompetisi 2016 sudah tuntas. Pada teorinya JL masih milik Yamaha lantaran kontrak berakhir pada 31 Desember 2016.

“Kami sudah berusaha untuk buka pintu bagi Lorenzo, tapi ditolak Yamaha. Kami seperti menghadapi tembok. Padahal, kami mengizinkan Iannone tes bersama Suzuki. Seharusnya hal seperti ini tidak jadi masalah,”  komentar Direktur Teknik Ducati Davide Tardozzi dalam wawancara dengan koran Italia Gazzetta dello Sport.

Ditolak mentah-mentah macam itu, Lorenzo harus bersabar. Dia bisa ngegas  Ducati lagi pada tes pra musim pertama yang dijadwal 30 Januari – 2 Februari 2017.

Yamaha sendiri punya jadwal tes tersendiri di Sirkuit Sepang pada 23-24 November, sama dengan jadwal Ducati di Jerez. Ironisnya, tim Garpu Tala direncanakan akan  menurunkan Vinales mendampingi Valentino Rossi dalam tes itu. Itu artinya saat yang lain sibuk tes, JL malah nganggur. Andro

BAGIKAN