nhk

MotoGP 2016: Yamaha Unggul Tekniks Dan Pengalaman Rossi Di Sepang, Lanjut Philip Island

 

ManiakMotor – Kelebihan Yamaha tentu saja dari banyak unsur di tes pramusim Sepang 2016 sehingga mereka melejit. Dari analisa teknik kelihatan betul mereka ogah meninggalkan jauh kontruksi dan desain rangka yang bikin mereka meraup semua titel pada 2015. Dengar saja saat test ke Sepang kedua pembalapnya masih pegang dua M1, malah hari pertama ada tiga.

Hari kedua dan ketiga hanya pakai dua M1 yang sesuai regulasi 2016. Bedalah dengan yang lain total bikin motor baru dengan penyesuaian aturan. “Kami belum bisa ambil kesimpulan sasis yang mana akan digunakan. Nanti akan diperdalam kembali di tes Philip Island. Tapi ban dan software (elektronik) meningkat banyak,” sebut Massimo Meregalli, Team Director Yamaha Racing.

Soal teknik ini tentu hanya bisa digali-gali sikit lantaran nggak terus terang sih, hehe. Hanya boleh diceritakan lewat logika alias elmu kira-kira dewek. Di data M1 terbaru tetap pakai sasis  aluminium twin tube deltabox dan lengan ayun almu. Itu mah dari dulu begitu. Tetap dengan multi-adjustable steering geometry. Nah yang multi setelah geometri inilah yang dimainkan alias berubah.  Data lainnya silakan lihat, tuh ada, yang  sebenarnya data standar yang bebas dibeberkan pada khalayak.

Sudah pasti itu, lantaran mesin dibangun ulang dengan penggunaan bahan bakar lebih boros 2 liter dari tahun lalu. Sudah gitu geometri alias titik-titik rangka dan mesin yang ideal bergeser mengikuti lingkar roda 17 inci Michelin. Terbukti dari omongan Meregalli soal pilihan sasis. Juga diperkuat Valentino Rossi yang belum bisa menentukan M1 yang masih rasa edisi 2015 atau full karakter 2016 yang dipakai selanjutnya. Itu sama dengan pilihan yang sama bagus.

Kelebihan lainnya tentu pengalaman joki, terutama Valentino Rossi yang pernah juara empat kali dengan Michelin.  Memang mereka ‘asal-asalan’ ikut di test pertama Valencia 2015, lalu nggak ikut ambil bagian test privat dibanding Honda, Ducati dan Suzuki.  Yakin, walau tak diungkap, saat libur panjang MotoGP 2015, Rossi yang ditelepon terus oleh para insinyur Yamaha di Jepang untuk memberi masukan. Maka siaplah M1 mereka tampil di test Sepang yang dipertajam pengalaman bermain di mana kedua jokinya sudah berulang mengalami perubahan regulasi. Juga sudah berulang juara dunia. Tinggal tunggu di Philip Island. Ito

BACA JUGA

MotoGP 2016: Lorenzo Tahu Diri, Rossi Lebih Terkenal, Ya Iyalah..!

MotoGP 2016: Stoner Ajak Ducati Pakai Rangka Karbon, Itu Yang Terbaik Katanya

MotoGP 2016: Nih Pemain Satelit Terbaik Di Test Sepang, Bukan Ducati, Segera Ke Australia

MotoGP; Gratis Nonton Marquez Dan Pedrosa Di Sentul, 14 Februari Peluncuran RC213V 2016

MotoGP 2016 Jelang Test Philip Island: Puaskah Rossi Setelah Kalahkan Marquez Di Tes Sepang?

BAGIKAN