nhk

MotoGP 2017 : Berat Rossi Kejar Gelar ke-10, Selain Marquez dan Vinales, Nih Musuh Utamanya

MotoGP 17. Rossi, fisik

ManiakMotor – Target Valentino Rossi memburu gelar ke-10 juara dunia motogp tahun ini sangat berat. Dia harus menghadapi dua lawan tangguh. Pertama, Marc Marquez (Honda) dan rekan setimnya Maverick Vinales sebagai anak mudah yang kuat, baik fisik maupun motornya. Sementara Iannone (Suzuki) dan Lorenzo (Ducati) masih dalam adaptasi. Kedua, ada lawan berat lain yang bisa menjegal ambisi The Doctor’.

Apa itu? Penurunan fisik! Ya, wajarlah, usia Rossi sekarang sudah 38 tahun dan paling tua di antara seluruh pembalap. Bahkan MM dan MV bisa dibilang sebagai ‘anaknya’. Ketika ia memenangkan kejuaraan dunia pertama kali 1993, MM masih play group. Jadi, sekarang ini, VR hanya mengandalkan pengalaman.

Indikasi kalo fisik Vale sudah menurun terdeteksi dari dua sesi tes di Sepang (Malaysia) dan Phillip Island (Australia). Ia banyak memaksimalkan tes justru di hari terakhir, sedang dua hari awal lebih banyak memberi masukan kepada tim setelah mengitari trek. Sekali laghi, ini karena ia mengandalkan pengalaman.

Bandingkan sama  MM dan MV, dalam satu tes hari kedua pembalap mampu menembus tiga digit dalam mengitari trek. Rinciannya, MM 203 lap dan MV 181 lap dalam dua hari di Ostrali, sedang Rossi 122. Teknologi motogp sekarang ini tak cukup mengandalkan bakat dan pergelangan tangan kanan, tapi juga butuh fisik.

“Pada akhirnya dia (Rossi) menyerah dan merasa sudah tua,” sebut manajer tim Yamaha Massimo Meregalli. Itu diamati Meregalli saat tes di dua trek berbeda. Rossi acap tampil maksimal di akhir tes.

Kalo pun masih ada yang tidak meragukan akan kemampuan Rossi, itu sah-sah saja. Jika membandingkan dengan prestasi 2016 sebagai runner up, itu karena MM dan Honda RC213V start lamban. Rossi tetap bisa memenangkan seri balapan tertentu yang treknya bernafas tidak cepat. Maliq

BAGIKAN