nhk

MotoGP 2017 : Carlos Checa, Siapa Cerdik Antara Marquez-Vinales, Dia Juara Dunia

Marc-Vinales, gelar, Motogp

ManiakMotor – Dari awal musim kompetisi 2017, Marc Marquez dan Maverick Vinales sudah difavoritkan calon juara dunia tahun ini. Termasuk mantan pembalap motogp era Michael Doohan, Carlos Checa juga menjagokan keduanya. Ia belum berani menunjuk hidung di antara kedua pembalap tersebut pasti perebut gelar mahkota.

Pasalnya, setelah melewati sembilan ronde, Marc dan Vinales belum pernah terlibat persaingan. Checa tak berani sebut salah satu, karena paket Vinales di Yamaha sangat beda dengan kombinasi Marc dengan Honda. “Sekarang ini, tinggal siapa yang bisa meremas mesinnya dengan lebih baik,” sebut pria asal Spanyol itu.

Tak cuma itu, lanjut Checa. Siapa di antara mereka bisa tepat memilih ban dan bertarung dengan cerdik. Juga, ia bisa mengatasi kendala motor dalam waktu yang singkat.

Kalo faktor terakhir ini, Rossi sudah mengakui kelebihan Marc (bisa baca dalam tulisan ini). Terpenting, siapa yang konsisten, dia yang akan memenangkan gelar tersebut.

Memang, dari sembilan ronde itu belum bisa jadi patokan mutlak. Meski sinyal dari Checa itu sudah terkuat sedikit, yakni Marc Marquez. Meski Marc hanya meraih dua kemenangan, ia memimpin sementara dengan 129 angka berkat konsisten menjaga posisi dalam lima besar.

Sementara Vinales yang ungul satu kemenangan, jsutru berada di peringkat kedua, walau tertinggal tipis 5 angka. Ia dan Marc sama-sama dua kali tidak finish, tapi ketika belaga di negeri sendiri (Jerez dan Barcelona) ia lepas dari lima besar.

Meski tidak menyebut siapa, tampaknya Checa lebih cenderung ke Marquez. Pertimbangannya, Marc lebih pengalaman dengan tiga kali juara dunia. Dia pembalap agresif yang berani mengambil risiko besar, terutama dalam pertarungan meraih kemenangan. “Tinggal sekarang, masalahnya adalah kekuatan Anda dalam balapan bisa menjadi kelemahan Anda,” tutup Checa. Rizki

BAGIKAN