nhk

MotoGP 2017: Crutchlow Merasakan Usia, Puji Rossi Dan Sebaiknya Tetap Dengan Yamaha

46 Rossi 35 cal

ManiakMotor – Cal Crutchlow terheran-heran pada usia Valentino Rossi yang usia 38 tahun masih bisa juara. Betapa ‘pengorbanan’ yang besar dilakukan Rossi pada balap motor khususnya di MotoGP yang atmosfernya sangat tinggi. Maksudnya kalau Rossi juara di superbike, mungkin masih wajar.

Tapi ini juara di MotoGP Assen 2017 yang kemungkinan dalam soal umur di kemudian hari tak akan terlewati oleh siapa saja. “Di usia tertentu butuh perjuangan fisik, mental, kemauan dan rangsangan yang selalu disegerkan berulang kali. Terutama dengan 18 seri  setiap musim, bahkan akan ditambah hingga 20 seri,” heran si Cal yang membela LCR Honda tersebut.

Bukan tanpa alasan si Cal bicara begitu. Dia membandingkan dengan umurnya yang sudah 31 tahun dan Oktober nanti sudah 32 tahun. Lalu dia dikontrak dua tahun ke depan oleh LCR. Nah di situ doski menghitung-hitung dan dia mengaku sudah merasakan soal meningkatnya umur. Tapi memang belum setua Rossi.

Cal ikut merasakan mempertahankan skill-nya yang di usia tak terbilang mudah. Soal jam terbang sih dapat. Tapi fisik? “Kalau dilihat setiap tampil dar tahun ke tahun tak ada perbedaan perubahan usia pada Valentino. Dia tetap kompetitif,” tambah Cal yang kalau dihitung dia urutan ketiga tertua di MotoGP dan yang kedua diduki Alvaro Bautista yang tahun ini sudah berumur 33 tahun.

Karena itu, Cal menyarankan pada Rossi tetap dengan Yamaha. Katanya, dengan Yamaha Rossi sudah tahu seluk beluk dengan motor tersebut. “Lagian Yamaha itu adalah motor yang enteng dibawa. M1 mudah bermanuver pada semua model sirkuit,” sebut Cal yang sudah merasakan Ducati, Honda dan Yamaha. Miolo

BAGIKAN