nhk

MotoGP 2017 : Desmosedici GP17 Lorenzo Pakai Tiga Rem Di Phillip Island

DUCATI, LORENZO, TES, SEPANG, PHILLIP ISLAND

ManiakMotor – Saat tes resmi kedua di Phillip Island, Australia, mulai 15 Februari 2017 Ducati akan memasang sistem pengereman baru buat Jorge Lorenzo. Apa itu? Ducati akan menambah rem alternatif untuk roda belakang alias rem ketiga pada Desmosedici GP17 yang ditunggang pembalap Spanyol. Pengoperasiannya cukup dengan jempol, artinya ada tombol (atau tuas kecil) yang dipasang pada setang.

Ducati memang lagi berusaha membuat Desmosedici GP17 sangat cepat bersamaan dengan masa adaptasi Lorenzo. Termasuk penambahan rem alternatif itu. Karena, dari hasil tes di Sepang, pembalap asal Majorca itu harus mengubah gaya balap, terutama sekali saat pengereman.

“Saya terkejut melihat begitu lambat dan tidak berharap untuk menjadi sulit,” bilang Lorenzo yang tes hari pertama terpental di urutan ke-17 dengan terpuat 1,6 detik. Ia coba menerapkan cara ngerem Yamaha yang lebih awal sebelum masuk tikungan pada Desmosidici. Dampaknya, dirinya justru kehilangan banyak waktu.

Digambarkan perlakukan pada prototipe GP17 bahwa rem harus sedekat mungkin dan saat menikung pun dibarengi dengan rem juga. “Itu gaya Dovi sekarang dan cukup berbeda sama saya di awal tes. Jadi, salah satu kunci untuk menguasai GP 17 adalah rem belakang,” papar JL.

Makanya, para teknisi Ducati coba memasang rem alternatif. Ini bukan baru dan pernah dipakai Dovi beberapa waktu lalu. Mekanismenya diaktifkan dengan jempol kiri.

“Jorge tahu perlunya mengubah gaya balap, menggunakan rem belakang yang lebih dari yang dilakukan selama ini,” sebut bos tim Ducati Davide Tardozzi. Karena itu, lanjutnya, kami ingin ia (Lorenzo) menjajalnya di Australia. Lorenzo sendiri punya pengalaman sama rem alternatif sewaktu di Yamaha. Rezki

BAGIKAN