nhk

MotoGP 2017: Di Aragon, Posisi Rossi Digantikan Pembalap Belanda, Sesuai Kontrak

Michael Mark, Yamaha, motogp

ManiakMotor – Di Aragon, Spanyol Maverick Vinales tidak tampil sendiri lagi. Pada balapan ronde ke-14 (24/9), ia akan ditemani Michael van der Mark yang menggantikan posisi Valentino Rossi. Begitu pernyataan resmi dari MoviStar Yamaha yang dikeluarkan hari ini.

Bagi pembalap asal Belanda, balap di Aragon merupakan debutnya di Motogp. Sesuai kontrak, Yamaha diwajibkan mengganti Rossi bila sudah melewati 22 hari setelah kecelakaannya. Sementara dokter memperkirakan The Doctor bisa pulih butuh 40 hari.

“Mengikuti kecelakaan Rossi pada Kamis (31 Agustus), Yamaha memutuskan untuk tidak menggantikannya di San Marino. Tapi di Aragon, tim wajib memasukan dua pembalap,” jelas Direktur Yamaha Racing Lin Jarvis.

Ketika Lorenzo alami kecelakaan (sama Yamaha), posisinya pernah diganti oleh test rider Katsuyuki Nakasuga pada 2011. Trus, Bradley Smith, pembalap satelit Yamaha kecelakaan pada 2016, diisi oleh Laex Lowes. “Kami memutuskan memberi kesempatan kepada van der Mark. Tidak mudah masuk menggantikan pembalap lain, terlebih Valentino Rossi. Kami percaya Michael memiliki semua kredensial,” tegas Jarvis.

Mark berlaga di WSBK bersama tim Yamaha, mulai tahun ini. Ia masuk kancah WSBK bersama tim Ten Kate Honda 2016. Pada 2015, ia meraih juara dunia Supersport. Pengalaman berlaga di rombongan sirkus motogp di kelas 125 cc dan moto2 antara 2008 sampai 2011. Hasil tertinggi, finish ke-18 di kandang sendiri (Assen) pada 2009. ia tercatat pembalap Belanda kedua laga di motogp setelah sebelumnya Jurgen van den Goorbergh pada 2005. Rezki

BAGIKAN