nhk

MotoGP 2017: Di Tes Sepang Vinales 11 Kali Dapat 1:59, Marquez 3 Kali, Rossi Sekali

Vinales jagoan test Sepang

ManiakMotor – Sering cetak di bawah 2 menit, apalagi hanya bikin kecepatan rata-rata untuk lomba? Jawabannya pasti lebih mudah mengatur kecepatan untuk bertarung panjang. Semacam Maveric Vinales yang pegang Yamaha M1 sepanjang test MotoGP Sepang 2017 lalu, 11 kali dapat 1:59 dan salah satunya membuatnya dengan 1:59.368.

Catatan 1:59 Vinales di test Sepang 2017

Catatan itu diambil dari hari kedua dan ketiga, hari pertama Vinales belum di bawah 2 menit. Hari kedua tiga kali dia lakukan dan hari ketiga ada 8 kali. “Setiap kali keluar pit line, selalu ada langkah perbaikan pada motor dan cara saya membawanya,” sebut Vinales alasan pertamanya menjadi pembalap terbanyak mencetak di bawah 2 menit. Berarti ada alasan kedua dan seterusnya. Ya baca saja terus.

Bandingkan dengan lawan kuatnya edisi MotoGP 2017 seperti Marc Marquez dan Valentino Rossi. Marquez yang hari ketiga di posisi kedua, hanya tiga kali bikin di bawah 2 menit. Memang Marquez sempat melakukan simulasi yang kencepatan rata-ratanya 2 menit koma 4 detik. Tapi maaf nggak cerita simulasi, karena nggak semua pembalap bisa melakukan dengan bersih.

Lalu Rossi yang menggunakan motor yang sama dengan Vinales, lantaran satu tim di Yamaha Movistar MotoGP. Makanya motornya sama, hehe. Rossi hanya sekali membuat di bawah 2 menit yang membuatnya ke-5 di hari ketiga. Atau Andrea Iannone yang dari akumulasi tiga hari test bisa kedua, juga hanya sekali. Lalu ada Dani Pedrosa, Casey Stoner, dan Andrea Davizioso yang boleh tiga kali dapat di bawah 2 menit. Lalu ada Cal Crucgtlow dua kali, Jorge Lorenzo sekali dan Johann Zarco sekali.

Coba tanyakan pada Vinales, kenape dengan mudah membuat catatan 1:59. Katanya paling istimewa pada M1 adalah traksinya. “Karena traksinya selalu tersedia, motornya mudah diataur pada kecepatan menikung. Jujur saja, itu yang memudahkan banyak membuat kecepatan di bawah 2 menit,” sebut Vinales.

Memang sih catatan 1:59 ini bukan ukuran saat lomba. Sebab di Sepang ketika lomba benaran, kecepatan 1:59 nggak pernah terjadi. Tapi itu tadi, berlari di bawah 2 menit saja sudah mudah, apalagi hanya kecepatan konstan kisaran 2 menit koma sekian. Ayo tunggu lagi tes Oztrali minggu depan. Ito

BAGIKAN