nhk

MotoGP 2017: Ducati Tanpa Sayap, Dovi Punya Jurus Jinaknya, Bagaimana Lorenzo?

Ducati, Dovizioso, Lorenzo

ManiakMotor – Sebagai orang lama di tim Ducati, Andrea Dovizioso punya penilaian terhadap Desmosedici GP17 untuk musim 2017. Mengenai rekan setimnya Jorge Lorenzo, ia mengakui pada profesional mantan pembalap Yamaha itu, tapi tes di Sepang jadi penentu.

Ducti Desmosedici GP17 yang tanpa sayap di Sepang nanti, menurut Dovi punya tampilan lebih kekar. Hanya, “Tidak aman. Kami akan melihat seberapa jauh Lorenzo bisa mendorong Desmosedici di Sepang,” ujar Dovi yang maksudnya tidak aman karena sayap sebelumnya untuk menekan motor ke lintasan dan otomatis lebih nyaman.

Tes di Valencia (November 2016), menurut Dovi belum bisa jadi ukuran sebab waktunya singkat. Saat itu fairing Ducati juga masih menggunakan sayap. Lorenzo memang cukup cepat di sana. Tapi, di Malaysia akan lebih mudah terukur dirinya karena, saat tes di Sepang punya waktu sembilan hari kerja.

Ducati pilih ikut tes Sepang dinilai tepat oleh Dovi. Bukan semata karena ia menang di situ. Lebih dari itu, semua tikungan cocok untuk menguji karakter Desmosedici yang punya tenaga dan liar, tapi kali ini tanpa sayap. “Tujuan kami tahun ini memburu gelar juara dunia. Meski kita sadar langkah ke arah itu bukan hal yang gampang,” sebut Dovi yang tahun lalu menduduki peringkat kelima.

Soal tes di Sepang nanti, di mana Ducati tidak pakai sayap, Dovi mengaku siap. Meski, dalam melakukan akselerasi sangat tidak aman dan roda depan akan cenderung mengangkat. “Sekarang saya fokus pada elastisitas tubuh,” tutupnya yang maksudnya untuk mengimbangi saat akselerasi muncul gejala wheelie. Termasuk di dalamnya, soal gerakan motor yang berbeda saat pakai wing dan tanpa winglet. Rezki

 

BAGIKAN