nhk

MotoGP 2017: Hongaria Target 2018, Indonesia Harus Kuat Melobi FIM

Motogp, Budapest, Hongaria
Rencana bagian dari Hongaroring yang direnovasi

ManiakMotor – Hongaria pasang target rombongan sirkus motogp harus mampir ke sirkuit Budapest (Hongaroring) tahun depan (2018). Untuk bisa menjadi tuan rumah, manajemen Hongaroring masih perlu melakukan renovasi. Padahal, trek itu dipakai balapan F1 setiap tahun.

Namun, manajemen sirkuit paham kalo trek F1 sangat beda dengan motogp. Makanya, renovasi akan dilakukan dalam tiga tahap dan mulai dilaksanakan Oktober usai pelaksanaan F1. “Selama pembangunan, kami akan melakukan pembicaraan dengan FIM agar bisa memenuhi syarat motogp,” ujar CEO Hongaroring Zsolt Gyulay.

Indonesia jika ingin jadi tuan rumah, terutama Sentul harus meniru seperti gerakkan Hongaria. Juga, peringatan buat sirkuit Jakabaring, Sumsel, harus kuat melobi FIM jika hendak Valentino Rossi dan kawan-kawan tampil di Jakabaring.

Renovasi pada Hongaroring, di antaranya memoles beberapa tikungan dan area run-off, pembangunan gedung baru di depan pit serta grandstand, terakhir museum. “Bila ada kemauan dari semua pihak (FIM dan Hongaroring), kami bersedia mengubah trek sebagai persyaratan. Agar motogp bisa datang ke Hongaria, pemerintah harus ikut perannya,” tegas Gyulay.

Hongaria pernah mendapat jadwal motogp dilangsung di Balatonring pada 2009. Sayang, kala itu pembangunan sirkuit terkendala biaya dan tidak selesai. Tapi, sebelum itu, pada 1990 dan 1992 pernah menjadi tuan rumah dan balapan dimenangkan oleh Mick Doohan (Australia) dan Eddie Lawson (Amerika). Rezki

BAGIKAN