nhk

MotoGP 2017: Jangan Kira Rossi Kalah Umur Karena Buruk Di Tes Australia, Nggak Kalee..!

46 rossi Mini GP 2017

ManiakMotor – Pemain berpengalaman dari semua aliran ketangkasan, termasuk balap motor, untuk sekadar uji coba, pasti biasa saja tuh. Test buat mereka hanya mengukur diri dan lawan, lalu bikin strategi. Tidak perlu ngotot amat. Nanti saat lomba benaran naluri mereka sebagai bintang yang lapar juara akan muncul sendirinya.

Seperti itulah Valentino Rossi. Jangan dikira dia hanya ke-12 di tes Australia lantas disebut gagal. Lalu dikaitkan dengan usia yang uzur untuk ukuran permainan MotoGP. Aada lagi yang bilang sudah kalah tangkas dengan anak muda khususnya Marc Marquez dan Maverick Vinales.

Jangan buru-buru mengecap begitu, bro. Lha wong tes, hanya sekadar uji coba. Nggak ada yang diperebutkan di situ. Tercepat saat test, nggak dapat point apa-apa. Test itu hanya trial and error dari motor yang dibangun untuk 2017. “Memang suntuk bangat dengan hasil tes Australia itu. Tapi saya dan tim memiliki data untuk perbaikan sebelum lomba seri pertama di Qatar,” jujur Rossi dari hasil tes di sirkuit Philip Island itu.

The Doctor sejak juara 2009 itu nggak pernah juara lagi. Atau sudah 7 tahun tanpa juara, namun tetap sebagai pembalap yang ditunggu. Setiap kali tampil menyuguhkan balapan yang indah. Wajib  mengeluarkan jurus balap untuk duel yang layak tonton. Tanpa juara atau juara seri, dia bertempur untuk berebut posisi ke depan.

Kecuali saat pindah Ducati, posisi Rossi di klasemen keluar dari lima besar. Saat bersama Yamaha dia hanya nyaris juara dunia. Apalagi tiga tahun berturut ini posisi kedua di klasemen. Artinya setiap tahun seiring umur bertambah dan sekarang sudah 38 tahun, kinerja Rossi rata menyelesaikan grand prix balap motor setiap tahunnya. “Valentino sosok pembalap yang masih tetap cepat saat balapan berlangsung. Tes bukan jadi ukuran,” tutur Vinales, rekan setim Rossi yang dikaitkan berbagai analisa MotoGP 2017.

Artinya lagi untuk tahun ini situasinya beti alias beda tipis dengan tahun lalu. Peluang untuk juara ke-10 kali di semua arena grand prix masih sangat terbuka buat Vale. Tinggal keberuntungan saja.  “Saya masih punya satu kesempatan tes di Qatar, menentukan susunan komponen dan set-up motor yang dibawa ke seri pertama di tempat sama,” pungkas Rossi yang tetap giat berlatih dan melatih anak didiknnya dengan Mini GP di sirkuit gokart Misano seperti foto di atas.

Ingat, Rossi satu-satunya pembalap MotoGP yang paling berpengalaman. Kan dia paling tua dari seluruh peserta. Namanya juga kaya pengalaman, akalnya banyak melayani para anak muda. Miolo