nhk

MotoGP 2017 Jerez: Rossi Ditunggu Vinales Dan Marquez Di Jerez, Untuk Hitung-Hitungan

93 mm dan 46 VR46 2017

ManiakMotor – Jelas saja semua pembalap senang ke rangkaian seri Eropa. Apalagi 2017 ini, nggak ada pembalap MotoGP di luar Eropa. Kecuali Jack Miller dari Australia yang darahnya kamu tahu sendiri, dari mana nenek moyangnya? Ditambah pula, home base tim berada di benua biru itu.

Lebih dari itu, sirkuit-sirkuit Eropa dikenal klasik yang mengakomodir skill joki dan motor. Seri Eropa ini dimulai dari Jerez, Spanyol dalam rangka ronde 4 yang berlangsung 5 – 7 Mei 2017. “Sekarang kembali ke Eropa. Ini bagian yang bagus dari segi kompetisi, Eropa memiliki sirkuit Jerez, Le Mans, Mugello, Barcelona, dan Assen yang berurutan. Hebat balapan di sana,” sebut Valentino Rossi yang juara tahun lalu di Jerez.

Masuk ke ronde 4 ini, klasemen sudah terbentuk antara Rossi, Maverick Vinales dan Marc Marquez. Ketiganya aka nada skill d sirkuit yang punya tikungan berantai Jerez. Sirkuit klasik yang teknikal menyambungkan power motor pada 13 tikungan yang panjangnya hanya 4.4 km. Walau tikungan berantai, dianggap sirkuit mengalir.

Rossi memang juara tahun lalu di kandang macan. Disebut kandang macan, era modern pembalap Spanyol sangat banyak bibitnya sejak MotoGP dipromotori orang Spanyol. Mereka sudah sangat menguasai Jerez. Belum lagi para mekaniknya itu, kebanyakan Spanyol yang memiliki data hapalan di sana. Pendeknya mereka tuan rumah deh.

Jadinya Rossi akan menantang Vinales dan Marquez untuk hitung-hitungan di klasemen. Cerita data di situ, tentu Vinales belum bisa ‘dianggap’, dia belum pernah juara di Jerez di arena MotoGP. Ya itu dulu, sebelum dia pakai M1. Mirip-mirip dengan Marquez, walau jagoan di MotoGP dia baru sekali juara di Jerez, yakni 2014. Rossi sendiri baru delapan tahun kemudian juara lagi, ya tahun lalu sejak 2008. Miolo

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2017, Moto2, Moto3 2017

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353