nhk

MotoGP 2017: Libur Sebulan, Vinales Introspeksi Diri Dan Kerja Keras, Brno Start Awal Lagi

ManiakMotor – Libur satu bulan dimanfaatkan oleh Maverick Vinales untuk mengintrospeksi lepasnya pimpinan klasemen sementara dari tangannya ke Dovizioso sampai di Assen. Usai di Sachsenring, pucuk pimpinan itu pindah lagi ke tangan Marquez dengan 129 angka dan Vinales tetap terpanteng di urutan kedua (124).

Meski puas dengan balapan di ronde kesembilan (2/7), tapi target podium tidak tercapai. “Bagi saya, maksimal adalah posisi ketiga, kenyataannya tidak tercapai. Tapi, saya senang bisa memulihkan banyak hal, baik berkaitan dengan motor maupun sama saya sendiri,” paparnya.

Sampai paruh pertama musim ini (putaran kesembilan), ia dua kali jatuh saat balapan, masing-masing di Amerika dan Assen. Pengalaman paling berhaga justru dipetik dari kejadian di Belanda. Ia sadar sudah melampaui batas kemampuan saat mengejar kelompok di depan.

Dalam introspeksi ini, termasuk tentang pemilihan ban untuk balapan. Dengan tenaga yang dipunya M1 sekarang ini, di Sachsenring merupakan pilihan yang tepat. “Ke depannya, tinggal memahami karakter lintasan. Seperti Sachsenring sangat pas dengan kompon medium depan dan belakang,” kenangnya.

Nah, di Brno (Ceko), ia ingin memulai dengan cara yang sama seperti di Qatar dan Argentina. “Kita harus kerja keras saat rehat, coba memperbaiki motor dan di Brno melakukan 100 persen,” bilangnya yang sangat kecewa karena khilangan banyak poin dalam empat balapan terakhir.

Ia suka dengan sasis yang dipakai di Sachsenring. Uniknya, tim sengaja tidak memberi tahunya. Tinggal sekarang, elektronik yang bikin dirinya melorot harus bisa ditingkatkan. “Sebab, pada beberapa balapan kami sempat sangat bingung dan tidak menyimpan lajur pada elektronik. Saya ingin Michelin membawa ban yang sama untuk banyak balapan,” harap Vinales. Rezki

BAGIKAN