nhk

MotoGP 2017 : Lorenzo Diragukan Menang di Qatar? Ini Alasan Kuat Ducati

Ducati, Lorenzo, Pra tes, Lozail, Qatar

ManiakMotor – Mampukah Jorge Lorenzo bersama Desmosedici GP17 mempersembahkan kemenangan pertamanya buat Ducati? Sulit! Skuad Ducati pun ragu pembalap Spanyol yang dikontrak mahal itu bisa menang, kecuali semua seteru papan atas pada punya masalah. Malah, habis seri pembuka di Qatar, akhir Maret, tim pabrikan Italia masih ingin melakukan tes private.

Nah, tes private itulah salah satu jawaban akan keragauan Ducati terhadap Lorenzo. Jadi, sebelum melanjutkan lomba seri kedua di Argentina, tim terlebih dulu berlabuh ke Jerez untuk tes dua hari dari lima hari yang diperbolehkan FIM.

Keyakinan lain Ducati akan keraguan JL bisa menuai angka penuh di Losail berdasarkan hasil dua sesi tes di Malaysia dan Phillip Island. Pembalap Spanyol itu belum

Ducati, Lorenzo, Losail, Qatar
Lorenzo mengamati dua unit GP17 miliknya

menunjukkan potensi yang maksimal. “Secara metodis dan tuntutan, ia ingin segala sesuatu sudah oke sebelum balapan dimulai,” ujar Sporting Director Ducati Paolo Ciabatti.

Lorenzo sendiri mengaku ada sesuatu yang aneh pada motor yang belum ditemukan. Sudah begitu, ia minta GP17 dikasih sayap, entah bagaimana cara, meski itu sudah dilarang. Boleh jadi, modelnya tersembunyi (internal) seperti Yamaha. “Anda tidak akan melihat itu di Qatar,” tegas Ciabatti soal fairing baru yang kemungkinan ada sayap tersembunyi.

Kesempatan bagi Lorenzo untuk meningkatkan kepercayaan dirinya sama GP17, ya di Losail pada 9-10 Maret dalam sesi tes ketiga. Kata Lorenzo, tes itu untuk memuluskan GP17 bermanuver di tikungan. Hasil yang dicapai sangat berpengaruh saat balapannya. Meski, secara teoritis, trek Losail ini makanan empuk GP17.

Makanya, saat didesak soal kemenangan, Ciabatti menjawab dengan diplomatis. “Tujuan kami tidak berubah, kami ingin terus di antara para kandidat. Kami tidak ingin mulai sebagai favorit, tapi mencoba dan berjuang untuk gelar.” Rezki

BAGIKAN