nhk

MotoGP 2017: Lorenzo Mulai Paham Memperlakukan GP17, Awas Para Lawannya

Lorenzo, Ducati GP17, MotoGP

ManiakMotor – Lorenzo mengaku sudah mulai memahami karakter Desmosedici GP17. Ke depannya, kelahiran Majorca ini yakin akan bernasib lebih baik lagi. Keyakinan itu diperkuat hasil dari lomba di Silverstone (Inggris) yang finish kelima dan hanya terpaut tiga detik di belakang rekannya Dovizioso sebagai pemenang.

Ketika di Austria, Lorenzo finish keempat namun jaraknya enam detik lebih sama Dovi. Inilah yang menyakinkannya bisa tampil lebih baik, tieentu setelah dirinya melakukan pembenahan para dirinya. “Saya memperbaiki balapan sejak dari Austria, jadi setiap saat lebih dekat. Posisi memang lebih buruk, tapi tiga detik lebih dekat,” tegasnya.

Ada beberapa langkah yang membuatnya bisa lebih dekat ke depan. Katanya, ia sangat berhati-hati dengan throttle (gas). Intinya, ia tidak secara agresif memutar grip gas di awal agar bisa bekerja dengan baik setiap penutupan lap.

“Saya bisa saja mengalahkan beberapa pembalap dalam hal pengereman, tapi tidak mau menerima begitu banyak risiko,” ujarnya saat balapan di ronde ke-12. Seperti,ketika belakang mulai kehilangan pegangan, motor akan bertingkah agresif. “Nah, di sini Anda harwus tampil sangat mulus dalam akselerasi. Selama ini, saya terlalu agresif,” tandasnya.

Ubahan lain dilakukan Lorenzo sedikit gaya balapnya, terutama berkesinambungan sama bukaan gas. Tujuannya, meredam ban berputar di tempat, sekaligus mempertahankan usia ban.

Membuka gas, dikatakannya lebih mirip dengan Yamaha. “Jadi, sekarang ini, saya sudah bisa menjaga daya tahan ban, memperlakukan grip gas dibarengi mengubah gaya balap. Berikutnya, memperbaiki perilaku mesin dan ini bisa dilakukan bersama para insinyur. Siplah! Rezki

BACA JUGA

http://maniakmotor.com/klasemen-motogp-2017-moto2-moto3-2017/

BAGIKAN