nhk

MotoGP 2017 : Lorenzo Puji Desmosedici GP17, Tak Perlu Ubah Gaya Balap

Lorenzo, Ducati, Gigi
Lorenzo (kanan) jumpa teman lama Gigi Dall'lgna yang kini bosnya

ManiakMotor – Ada yang lain dari penampilan Jorge Lorenzo ketika peluncuran tim motogp Ducati di Bologna, Italia, kemarin (20/1). Pembalap Spanyol itu tidak memakai sarung tangan dan sepatu yang beda warna. Dari sekian banyak pertanyaan wartawan, sang juara dunia tiga kali dengan tegas mengatakan, “Saya yakin tidak akan gagal sama Ducati.”

Tentu, banyak pertimbangan pembalap Spanyol berani berkata begitu. Pertama paling dirasakannya, dirinya merasa seperti di rumah. Mereka (orang-orang Ducati) perfeksionis sama seperti saya. “Sementara, para penggemar produsen lain hanya berbagai merek motor dengan Anda,” ujar JL. Terang aje, soalnya ente kan di tim merah sekarang.

Soal Ducati Desmosedici GP17, diakuinya sebagai kejutan karena bertahun-tahun di atas jok Yamaha. Sedang Ducati punya filosofi berbeda; suara  mesin, karakter, kerangka, dan posisi duduk. “Ketika saya membuka gas di trek lurus bisa mengubah senyumku,” sebut JL. Sebelumnya sempat ragu, tapi motor terasa stabil saat akselerasi, masuk tikungan cepat, dan pengereman di beberapa area.

Dengan sudah menjajal di Valencia, JL ditanya perlu mengubah gaya balapnya? Diakuinya, banyak orang khawatir terhadap dirinya soal satu ini. “Saya mampu beradaptasi dengan cepat dan dapat melakukannya lebih cepat. Setiap motor membutuhkan hal yang berbeda, tapi pembalap selalu sama. Jika tipikalnya agresif atau model bersih, tidak perlu berubah,” sebutnya.

Disinggung peluangnya menang di Qatar, Lorenzo tak berani bilang. Di trek Losail, katanya, dia punya historis. Ducati pun sama, yakni sama-sama cepat. Hanya, tahun ini akan berhadapan dengan beberapa rival tangguh. Soal target tim kan sudah dibahas tulisan sebelumnya saat peluncuran. Rezki

BAGIKAN