nhk

MotoGP 2017 : Marquez Pakai Sasis Cal Crutchlow, Ini Penyebab dirinya Kecelakaan 27 Kali

Marquez, FP2, valencia1

ManiakMotor – Baru tiga hari menikmati gelar juara dunia keempatnya, Marc Marquez sudah pasang target lagi. Rebut juara dunia kelima tahun depan dengan lebih banyak ‘tegak lagi’. What the maksud, tuh!

Pembalap 24 tahun menegaskan, dirinya menghabiskan musim kompetisi 2018 tanpa banyak berguling-guling, entah itu di aspal trek atau gravel. “Saya tidak tahu bagaimana bisa menjelaskan, tapi…dengan 27 kali kecelakaan dan hampir 50 kali mau menabrak, Anda bisa mengerti banyak hal,” sebutnya.

Bahkan, saat tampil di Valencia pun, ia hampir terjatuh di tikungan pertama. Beruntung, ketika posisi motor sudah terlalu miring, dirinya bisa menahan dengan lutut dan siku, sehingga tidak sampai jatuh.

Marquez tidak lantas menuding ban jadi penyebab insiden. Justru dengan ban depan stiffer baru Michelin yang  diperkenalkan di Mugello sangat membantu. “Ban baru itu sedikit lebih membantu keselamatan semua pembalap. Tidak seperti di paruh pertama balapan, banyak kecelakaan aneh,” kenang MM.

Justru kecelakaannya disebabkan setelah menggunakan sasis dengan spesifikasi berbeda. Setelah di Le Mans (Prancis), sebutnya, ia melakukan tes di Montmelo menjajal sasis yang berbeda. “Bukan sasis baru, tapi spek yang digunakan oleh Cal (Crutchlow) dan yang lainnya. Saya merasa sedikit lebih baik dan langkah demi langkah kami mencoba beberapa hal yang berbeda,” urainya.

Diakuinya, RC213V memang lebih cepat, tapi dirinya tidak aman 100 persen. Makanya, dalam tes pra-musim nanti ia ingin lebih banyak mengerti dan mendapatkan perasaan dengan depan motor. Soal mesin, ia mengaku mesti harus berjuang setiap balap, tapi menampik memberi konstribusi dalam kecelakaan yang lebih tinggi. Rezki

BACA JUGA

http://maniakmotor.com/klasemen-motogp-2017-moto2-moto3-2017/

BAGIKAN