nhk

MotoGP 2017: Menikung Slide Ala Rossi Akan Banyak Di Tes Philip Island

Slide ala Rossi

ManiakMotor – Sebenarnya yang menikung seperti foto Valentino Rossi di atas banyak saat testing resmi di Sepang, Malaysia. Kebetulan saja yang ketemu fotonya Rossi. Maaf ya, itu bukan direm saat masuk tikungan sehingga roda belakang seolah bergeser.

Tapi itu dari efek slide atau tanaga yang tersalur ke roda belakang saat throttle-nya dibuka sejak masih di dalam tikungan. Kata orang sih real wheel steering. Itu juga tanda presisinya setelan suspensi, rangka dan editan elektroniknya. Macam di dirt track di arena tanah yang jadi ajang latihan para pemain MotoGP untuk handling motor.

Pemandangan yang hampir sama akan ditemui lagi di testing resmi Australia pada 15 – 17 Februari 2017. Malah di sirkuit Philip Island lebih banyak tikungan yang membuat para pemain melakukan slide. Beragam tikungan cepat dengan rpm tinggi di sana yang memudahkan slide terjadi.

Akan tetapi, testing Sepang dan Australia berbeda. “Di Sepang semua aspek terwakili. Trek pendek dengan tikungan lambat, sedang sampai cepat dan dua trek lurus ada di Sepang. Di Philip Island, peserta akan lebih fokus menguji daya tahan ban, bodi bersama rangka dan mesin pada putaran yang tinggi,” sebut situs resmi MotoGP dalam pengantarnya jelang tes Australia.

Di trek Philip Island yang cepat, memang ban yang selalu dikeluhkan. Bahkan pada era Bridgestone, pernah balapan dua babak di situ, karena ban nggak kuat dipakai dalam durasi panjang. Di saat sama, yang diuji motor kencang saat miring alias menikung. Nah motor siapa dan siapa yang akan mampu cepat di sana tentu juga layak ditunggu.

Terutama lagi menikung ala Rossi di atas, tikungannya ke mana dan arah motor ke mana? Ito

BAGIKAN