nhk

MotoGP 2017: Nih Kekurangan Lorenzo Di Mata Bos Ciabatti, Ducati Andalkan Dovi

LORNZO, GIGI, SEPANG

ManiakMotor – Usai melewati paruh musim pertama, para tim pabrikan melakukan evaluasi. Tak cuma dari sisi motor balap, tapi juga pembalapnya. Seperti Ducati, misalnya untuk paruh musim kedua hanya mengandalkan Andrea Dovizioso yang kini menduduki peeringkat ketiga sementara dengan 123 angka. Bagaimana dengan Lorenzo?

“Dia butuh waktu lebih lama dari perkiraannya,” sebut Direktur Balap Ducati Paolo Ciabatti. Maksudnya, juara dunia lima kali itu (dua dari kelas moto3 dan moto2) betul-betul belum on the track. Lorenzo sendiri mengakui butuh waktu untuk adaptasi sama Desmosedici GP17.

Meski, dalam sembilan ronde itu, mantan pembalap Yamaha itu sempat naik podium ketiga di Jerez. Itu lantaran tertolong oleh para pesaing dalam kebingungan soal ban akibat permukaan trek yang baru. Sebagai pembalap papan atas, peringkat Lorenzo tidak lebih baik dari pembalap satelit Johann Zarco dan Jonas Folger dari Yamaha Tech3 sserta Danilo Petrucci (Pramac Ducati).

Padahal, dengan direkrutnya JL jelas sekali tujuan dari pabrikan Italia. “Tujuan kami selalu ingin merebut gelar kejuaraan. Namun, ini rumit lantaran banyak pembalap kuat dan tim yang kompetitif,” urai Ciabatti. Beruntung, lanjutnya Dovi sangat percaya diri dan bisa cepat.

Soal kekurangan Lorenzo dengan GP17, Ciabatti sebutkan, dia kurang cepat saat menikung. “Kami sudah mengambil langkah di area tersebut. kami tahu Jorge membutuhkan lebih banyak lagi dari kami untuk merasa nyaman sama motor. Untuk sampai ke arah itu memakan waktu lama,” paparnya.

Kalaupun JL bisa beradaptasi dalam paruh musim kedua, paling tidak ia harus mengubah gaya balapnya. Karena, GP17 tidak bisa dibawa halus. Berarti, Ducati hanya andalkan Dovi. Rezki

BAGIKAN