nhk

MotoGP 2017 Paruh Musim: Cal Crutchlow, Pembalap Satelit Dapat Ilmu Dari HRC Dan Marquez

Cal Crutchlow, Pelajaran, MotoGP

ManiakMotor – Dikontrak dua tahun (2017 dan 2018) oleh HRC, Cal Crutchlow memperoleh banyak keuntungan. Pembalap Inggris itu ikut mengembangkan mesin buat calon pemula yang naik ke kelas utama agar cepat beradaptasi dengan motor. Ikut menjajal bagian dari RC213V yang diandalkan Marquez dan Pedrosa. Keuntungan paling besar, ia bisa bersama dengan Marc.

Lo, kok bersama aja bisa dapat keuntungan. Jelas, Cal takjub sama teknik menikung MM. Katanya, di setiap tikungan Marc melakukannya dengan lebih baik secara teratur. Dan ia sempat membicarakan dengan MM dan mendapatkannya, meski tidak banyak. Tapi, itu sangat berharga.

Masih ada lagi. Marc dinilai sebagai pembalap yang spesialis ngeremnya terlambat. Juga menuntut performa mesin yang maksimal. Trus, gaya balap Cal dapat dipandang mirip sama MM. Ini bisa dilihat jika dalam memakai ban depan, keduanya cenderung pilih kompon terkeras.

Pemimpin klasemen sementara itu pun mengakui kalau dirinya dan Cal punya gaya yang sama saat masuk tikungan. Juga dalam memperlakukan tekanan rem. “Anda tidak tahu bagaimana dia naik. Tapi, gaya balap saya hampir mirip dengannya di area tertentu,” tandas Cal.

Makanya, ketika tes private di Brno lalu (termasuk di Le Mans) Cal termasuk didalamnya. Dari pengalamannya berlaga di kelas puncak, ia menyebut Marc dan Casey Stoner paling berbakat. Mereka mampu mengelola dan mengatasi motor dalam kondisi kurang baik sekalipun. Nah, ini ilmu lain yang akan diserap Cal. Rizki

BAGIKAN