nhk

MotoGP 2017 Paruh Musim: Jarvis, M1 Masih Terbaik, Sasis Hanya Soal Detil Set-UP

46 Rossi Sachsenring2017e

 

ManiakMotor – Lin Jarvis si manajer Yamaha MotoGP itu menangkis semua analis soal Yamaha. Bagi dia, Yamaha masih terbaik separuh musim 2017.  Termasuk dalam perdebatan sasis, itu hanya soal detil set-up di lapangan.

“Buktinya ada empat kemenangan milik Yamaha. Dan paling banyak menang separuh musim lalu adalah pembalap Yamaha,” sebut  Jarvis sembari membisikan Yamaha sedang memimpin konstruktor.

Sulit dibantah juga ya! Ada fakta lain, walau Mavercik Vinales tiga kali menang, namun dia tak mampu memimpin klasemen paruh musim. Anggap wajar Vinales bikin kesalahan atau jatuh. Namun  ada dua ronde yang membuat Vinales tak berkutik. Terutama di Jerez dan Catalunya yang ditenggarai masalah sasis. Hal sama dialami Valentino Rossi yang setim dengan Vinales. Juga dialami keduanya di Sachsenring dalam kondisi basah yang juga minim grip.

Menurut Jarvis itu hanya masalah menyusun set-up pada setiap srkuit yang tidak menentu. Bagi Jarvis dalam persaingan yang rata bin ketat, harus teliti dan rapi. “Sasis memang jadi perdebatan, karena M1 menggunakan sasis baru 2017 dengan 2 kemenangan awal, kesulitan setelah itu. Tetapi sudah diperbaiki beberapa item menyangkut hal itu. Lumrah terjadi dalam paruh musim yang tidak biasa. Tim harus detil menangani kombinasi pembakap, sasis, lintasan dan ban,” jelas Jarvis.

Hal sama akan jadi perhatian mengarungi paruh balapan ke depan. Sebab posisi Yamaha sekarang belum disebut kalah. Peluang masih sangat terbuka dengan Vinales di klasemen kedua hanya selisih 5 point dari yang memimpin. Demikian juga Rossi yang walau ke-4 di klasemen, tapi hanya beda 10 angka dari pemegang klasemen.

Untuk bisa jaya dalam keadaan yang seimbang, harus lebih detil lagi mengelola setiap balapan. Harus sempurna! “Ada hal-hal baru untuk meningkatkan kinerja Yamaha. Kami tahu soal kelemahan dan coba meningkatkan keunggulan. Tapi ini balapan yang sangat dekat, jadi jangan melakukan kesalahan,” pungkas Jarvis.

Siplah kalau begitu. Miolo

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2017, Moto2, Moto3 2017

BAGIKAN