nhk

MotoGP 2017 Paruh Musim: Lin Jarvis, Vinales Bisa Menangi Beberapa Gelar, Seperti Lorenzo

26 Vinales-Rossi Lemans2017-1

ManiakMotor – Yamaha sepertinya lebih mendorong Maverick Vinales sebagai pemburu gelar. Ini tersirat dari ucapan bos tim garputala Lin Jarvis bahwa pembalap Spanyol itu bisa beberapa kali memenangkan gelar, seperti dilakukan pendahulunya Jorge Lorenzo.

Menurut pengamatan Jarvis, Lorenzo dan Vinales memiliki beberapa karakteristik yang sama, yang positif dalam hal tekanan saat berlaga. Ini terlihat selepas Vinales memenangkan dua seri awal. Dirinya banyak mengalami benturan bentuk, sehingga penampilan jadi tidak konsisten.

Wajar, di tahun pertama bersama Yamaha, pembalap 22 tahun ini tak cuma harus beradaptasi. Lebih dari itu, ia dituntut harus memahami karakter M1 dengan setiap sirkuit. Belum lagi, ada trek yang permukaan aspalnya ada benjolan, jelas sangat mematikan penampilannya sebagai pembalap baru bersama M1.

Bukti ketidak konsisten Vinales, meski sudah memenangkan tiga balapan dan paling banyak, ia berada di peringkat kedua sementara dengan 125 angka. Di bawah Marquez dengan 129 angka yang hanya meraih dua kemenangan.

Tapi, Jarvis memuji penampilannya secara keseluruhan. “Yamaha sudah memenangkan empat balapan dari sembilan balapan, meski kami mengalami pasang surut. Kami tidak kuat di beberapa trek yang biasanya kami melanju kencang, fakta ini cukup menggangu,” urai Jarvis.

Jarvis menilai, Vinales dan Lorenzo punya kesamaan: mereka punya bakat dan ambisi besar. Hal lain, katanya mereka kadang-kadang sangat tidak sabar ketika  tidak mendapatkan tujuan. Efeknya, frustrasi.

Nah, menghadapi paruh musim kedua, Vinales meminta Michelin membawa beberapa jenis ban. Kepada Yamaha, dirinya menunjuk elektronik yang masih bermasalah dan ia lebih percaya memakai sasis seperti di musim pembuka. Rizki

BAGIKAN