nhk

MotoGP 2017 Paruh Musim: Marquez, Kalau Lawan Dekat, Ada Saja Kurangnya Motor

93 Marquez 2017 Sachsenringa

 

ManiakMotor – Memang beda kalau memimpin jauh. Motor terasa sempurna, nggak ada yang kurang. Sebaliknya, kalau ketat, ada saja yang harus ditingkatkan pada motor. Seperti ketatnya klasemen MotoGP paruh musim kemarin. Setiap motor yang ada di lima besar, ada saja yang lemah.

Itu menurut Marc Marquez di sela liburannya pada masa rehat paruh musim bersama keluarganya. Saat sedang menikmati matahari dan acara amal, dia bilang untuk melawan Maverick Vinales, Andrea Dovizioso dan Valentino Rossi harus membenahi RC213V-nya segera. “Gejala motor tak segera merespon torsi keluar tikungan, ikut memengaruhi cara saya masuk tajam di tikungan,” sebut Marquez yang di ronde 9 lalu di Sachsenring juara dan langsung memimpin point klasemen.

Tapi ini pun menurut Marquez melihat perkembangan lawan. Mereka juga tak diam dan pasti meningkatkan kelemahan dari segi keterampilan membalap dan terutama motor. Tujuannya untuk keluar dari rapatnya klasemen seperti sekarang. Dia yang memimpin klasemen hanya beda 5 poin dengan Vinales, 6 point dengan Dovizioso dan 10 angka dengan Rossi. Bahkan yang kelima diduduki Dani Pedrosa masih punya peluang yang terpaut 26 angka.

Nah Marquez dan kawan-kawan akan mencari solusi kelemahan tadi. Sayang kelemahan ini nggak disebut dari elemen mana? Suspensi kah atau rangka? Yang jelas kalau disebut keluar tikungan, saat itu sedang on throttle yang sebagian besar berada di wilayah belakang? “Jawabannya nanti usai pengujian di Brno, Republik Chec,” sebut Marquez yang artinya untuk ikut ronde 10 di sirkuit yang sama pada 6 Agustus masih pakai setelan lama pada motornya.

Terakhir Marquez memberi pendapat pada tiga lawannya. Katanya kalau Rossi yang harus diwaspadai pada pengalamannya. Rossi kapan saja bisa membalikan keadaan. Si Dovizioso soal ketekunannya yang tak kenal lelah. Sementara, Vinales yang selalu mau cepat yang bernyali tebal. Miolo

 

BAGIKAN