nhk

MotoGP 2017 Paruh Musim, Masukan Vinales Didengar, Rossi Dibungkam Yamaha?

46 - 25 Movistar Yamaha MotoGP 2017

 

ManiakMotor – Rumor di kubu Yamaha yang hanya mendengar dan menerima saran Maverick Vinales memang ada. Mengarah pada akibat motor yang digunakan paruh musim lebih doyan pada aspal yang banyak grip. Tapi sangat timpang ketika karakter sirkuit minim grip, termasuk di dalamnya ketika basah yang kurang gigitan ban.

Bila lebih banyak mendengar saran Vinales, artinya membungkam masukan Valentino Rossi. Dari segi pengalaman di MotoGP termasuk bersama Yamaha, The Doctor adalah senior. Dia sudah punya bukti yang banyak ketimbang teman setim barunya tersebut. Rossi 10 tahun dengan Yamaha bersama empat predikat juara dunia. Vinales?

“Perubahan rangka juga harus memperhitungkan ban 2017 yang jauh berubah dari tahun lalu. Karena itu, setiap sirkuit data basis set-up tidak terpakai seperti di Jerez atau Catalunya. Ditambah pula saat hujan,” papar Rossi yang berbicara diplomatis saja. Maksudnya dia lebih cenderung mengangkat isu ban.

Sebab isu masukan Vinales lebih didengar dan berakibat pada situasi cerita pengantar di atas, juga berdasarkan fakta. Pada tes pramusim, Vinales jagoannya. Tidak ada yang bisa mengalahkannya dengan catatan waktu yang fantastis. Lha siapa yang nggak mau tergoda dengan masukan yang nggak bisa mengalahkan catatan waktunya?

Namanya juga isu, walau setiap pembalap punya grup masing-masing pada tim pabrikan. Tentu juga mereka punya saluran sendiri-sendiri pada usulan yang diinginkan. Kalau begitu yang jadi pertanyaan juga, kenapa persoalan motor yang dialami Rossi juga ada pada Vinales? Ya, bisa saja terbawa arus, hehe. Tapi belakangan masing-masing menyodorkan keinginan soal sasis seperti tes di Catalunya dan Rossi menggunakan rangka baru pada ronde berikutnya di Belanda, Vinales sendiri masih ‘malu-malu’ mennggunakan sasis tersebut.

Tapi tenang saja, klasemen saat ini belum ada yang boleh disebut unggul telak. Posisi Rossi yang ke-4 di klasemen saja hanya beda 10 angka dari yang memimpin. Bahkan kans sampai klasemen ke-5 masih punya peluang sama. Vinales juga hanya beda 5 point kedua. Miolo

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2017, Moto2, Moto3 2017

 

BAGIKAN