nhk

MotoGP 2017 Paruh Musim: Rencana Ezpeleta Dengan 22 Seri Balapan, Rossi Tidak Boleh Pensiun

Ezpeleta-Rossi, Jadwal 22, MotoGP

ManiakMotor – Bos Dorna, Carmelo Ezpeleta dinilai sukses mengemas sirkus motogp menjadi tontonan yang menarik. Wajar, karena ia sudah menekuni bisnis kecepatan di trek ini lebih dari 25 tahun. Malah, dalam usianya sudah 72 tahun, semangatnya masih tinggi. Konon, ia akan menambah jadwal balap jadi 20 seri.

Dalam wawancara dengan media Italia, gaek Spanyol jawab tegas rencana ekspansi jadwal. “Kami tidak akan menambah jadwal jadi 20 seri balapan dengan segera. Menurut pendapat saya, 22 balapan akan ideal.” Malah ia senang, tahun ini sampai paruh musim sudah melahirkan lima pemenang dari tiga tim pabrikan. Ia sangat menyayangkan Suzuki yang justru merosot.

Soal negera penyelenggara, dirinya tak ambil pusing. Doha, katanya tak ada masalah dan ia sudah membidik Finlandia 2019. Setahun kemudian ada Thailand, tapi keduanya belum diputuskan. Bila perlu, dalam satu musim empat balapan di Spanyol tidak jadi masalah. Itu bukan masalah batas, kejadian yang sukses bisa dibenarkan. Ya, bukan tidak mungkin tiga balapan kelak di Amerika,” paparnya.

Jika, 22 ronde jadi terwujud dalam waktu dekat, bagaimana nasib Rossi? Begitu tanya media Italia itu.Ia pun menjawab diplomatis, “Suatu penghinaan untuk bertanya kapan dia pensiun. Valentino harus tetap ada dan itu akan lebih baik sampai kami dengan 22GP.”

Ezpeleta sudah mendengar bahwa 2018 jadi tahun terakhir Rossi. Ia berusaha agar The Doctor tetap ada di lintasan. Makanya, ia coba menawarkan tim motogp kepada Vale, meski tawaran ini diakui belum dibicarakannya. Tampaknya, Ezpeleta hanya memikirkan Rossi seorang.

Bila motogp jalan dengan 22 seri, katakanlah pada 2019, tidak sedikit pembalap masuk usia senja. Seperti Lorenzo, Dovi, Dani, dan Cal Crutchlow usia mereka di atas 32 tahun. Untuk mengurangi beban kerja pembalap, usulan lama Dovi bisa diterapkan.

Pembalap Ducati tersebut mengusulkan agar jadwal latihan resmi dikurangi. Fisik pembalap bisa terjaga demi terciptanya persaingan. Keuntungan lain, buat tim bisa menghemat anggaran. Ya, kita tunggu gebrakan Ezpeleta yang masih enerjik dan belum mau mundur dari Dorna. Rizki

BAGIKAN