nhk

MotoGP 2017 Paruh Musim: Rossi Puji Marquez, Tidak Jamin Sasis Baru Bisa Sukses

ManiakMotor – Setelah menyelesaikan paruh pertama, Marquez, Vinales, Dovizioso, dan Rossi berada pada level yang sama. Artinya, mereka punya peluang sama merebut juara dunia 2017. Namun Rossi mengakui Marquez paling baik mengatasi masalah pada motor selama sembilan ronde.

Dua kali alami kecelakaan di Argentina dan Perancis, Marquez tercatat lima kali naik podium. Baby Alien ini tercatat dua kali menang dan posisi terendah keenam. Inilah yang dinilai Rossi, pembalap Honda itu bisa berkelit dari masalah motor.

Sementara Rossi sendiri dan Vinales hanya empat kali podium dan posisi finish terendah ke-10. “Marquez memimpin karena saat dia berada dalam masalah, kehilangan pointnya sedikit ketimbang kami. Jadi, dia sangat kuat dan menang saat dibutuhkan. Dan kala berjuang dengan kesulitan, dia mampu membatasinya dengan baik,” puji The Doctor.

Menurut Rossi, musim ini peta kekuatan sudah mulai bergeser. Ia mengambil contoh, selama bertahun-tahun sampai 2016, balapan di Barcelona hanya ada pembalap pembalap yang bisa menang. Sekarang, katanya, semua orang mulai menang. Trus, sampai ronde kesembilan sudah lima pembalap raih poin penuh (25).

Kendati menuai sukses di Assen dengan modal sasis baru, Rossi tidak menjamin bisa meraih kemenangan di paruh kedua. Apalagi, saat ini sudah banyak calon pemenang di trek. “Tidak ada yang bisa memprediksi apa yang akan terjadi di balapan berikutnya. Saya tidak berpikir, kita bisa mengatakan adabalapan sata pasti bisa menang,” tandasnya yang ingin cepat di Misano dan berlaga di Asia. Rezki

BAGIKAN