nhk

MotoGP 2017 Paruh Musim: Tanpa Sayap, Dovi Bisa Menang Dan Konsisten, Ini Penolongnya

Dovi, suspensi depan, motogp

ManiakMotor – Larangan sayap musim ini, tak lantas membungkamkan Ducati. Sebaliknya, performa Desmosedici GP17 yang ditunggang Andrea Dovizioso tampak galak. Buktinya, dua kemenangan tahun lalu yang diukir paruh musim kedua melalui dua pembalap, tahun ini dipertajam oleh Dovi seorang di paruh musim pertama pula.

Dengan serat karbon, pembalap punya perasaan sama bagian depan motor

Dovi sendiri menduduki peringkat ketiga sementara, saat ini. Dua kemenangan di Mugello dan Barca itu tak bisa dibilang kebetulan. Karena, pembalap Italia itu sudah memberi sinyal sejak awal musim di Qatar. Secara akumulai selama sembilan ronda penampilan Dovi cukup konsisten, hanya sekali tergelincir di Argentina.

Tinggal Lorenzo yang belum stabil dan menyatu sama Desmo. Walau ia sempat naik podium ketiga di Jerez, tapi gaya balapnya yang halus, tidak cocok sama GP17 yang agak liar.

Mantapnya Dovi manuver di tikungan, ternyata terbantu oleh suspensi depan. Kalo Anda perhatikan ada yang unik, terutama bagian tengah yang hitam dan dikedua ujung berwarna keemasan. Nah, yang hitam itu adalah tabung serat karbon bikinan Ohlins yang bekerja sama Ducati.

Bobot suspensi depan pasti lebih ringan, tapi tidak memperngaruhi berat minimum motor, sesuai regulasi 158 kg. Tujuan, pemakaian bahan ringan untuk menyesuaikan gerakan lentur (fleksi) suspensi karena Ducati punya masalah saat manuver di tikungan, terutama saat berada di tengah.

Jadi, dengan kelenturan itu, pembalap bisa punya perasaan dengan roda depan. Sistem kerjanya sama dengan garpu 6D Flex yang dikembangkan MotoCzysz untuk proyek motogp. Di sini, Ohlins menggunakan desain yang jauh lebih sederhana. Kelebihannya, garpu depan Ohlins itu dapat disetel secara independen satu sama lain.

Kita lihat keberhasilan Dovi dan Lorenzo di paruh kedua. Rezki

BAGIKAN