nhk

MotoGP 2017 Paruh Musim: Vinales Jadi Andalan Yamaha, Pasti Juara Dunia?

Vinales, Wilco, MotoGP

ManiakMotor – Maverick Vinales akan menjadi pembalap utama Yamaha. Ini terungkat dari ucapan Wilco Zeelenberg yang punya jabatan di tim MoviStar Yamaha sebagai Rider Performance Analyst ( kira-kira penganalisa performa pembalap) dalam wawancara. Ia pun tidak meragukan kalo pembalap Spanyol itu pasti juara dunia.

“Hanya, kapan. Itu pertanyaannya. Tapi, ia akan menjadi ‘key person’ (andalan) untuk tahun-tahun depan,” ujar mantan pemenang GP250 yang bekerja buat Lorenzo (2010-2016). Berarti, ia bisa membandingkan Vinales sama Lorenzo.

Maverick, katanya, orangnya sangat profesional dan termotivasi. Salah satu orang yang memiliki fokus tinggi – sama seperti JL – dan punya misi; juara dunia. Ini sangat jelas dan tidak diragukan lagi. Sikapnya sangat dewasa, sehingga kami bisa memperbaiki motor selangkah demi selangkah, baik dalam kondisi panas atau kondisi daya cengkeram rendah.

Soal gaya balap, Lorenzo sangat mulus, tenang, dan lembut untuk bagian depan. Kalo Maverick lebih agresif memperlakukan ban depan, tapi khusus Michelin ini dia bisa menjaga keausan ban. Trus, dia dapat menghentikan motornya dengan baik karena itu bisa mengerem agak telat dan lebih dalam masuk tikungan. Dan dia mengggunakan posisi tubuhnya lebih ke depan motor agar masuk bagian depan lebih cepat masuk tikungan.

Maverick memainkan rem belakang sangat baik, entah itu belok ke kiri atau ke kanan. Kemudian, Maverick banyak mengggunakan body force untuk mengubah motor, tapi caranya lain sama Vale karena beda postur tubuh.

Soal sang pembalap banyak mengeluhkan soal motor, Wilco membela, itu lebih pada gaya balap yang tak sama. Soal fisik, dia lima lap terakhir setiap balapan masih sangat enerjik. Rezki

 

BAGIKAN