nhk

MotoGP 2017 Paruh Musim: Vinales Ramai Dibicarakan, Ini Komentar Stoner dan Agostini

MVK-MM, komentar, motogp
Vinales punya kesamaan gaya balap dengan Marquez

ManiakMotor – Menyikat dua kemenangan beruntun di seri pembuka, Maverick Vinales kontan mendapat pujian dari Casey Stoner dan Giacomo Agostini (juara dunia GP500 8 kali, juga 7 kali GP350 dan berapa kali GP250 dalam waktu bersamaan). Tapi, dalam perjalanan sampai paruh musim pertama, kedua legenda motogp berbalik heran. Beberapa pembalap lain pun memberi komentar.

Mantan juara dunia 2007 dan 2011 Stoner menilai penampilan pembalap Spanyol itu tidak mengejutkan. Semua orang melihat apa yang dia lakukan tahun lalu (sama Suzuki). Apalagi setelah mendominasi  semua tes pramusim. Jadi, dengan hasil sekarang ini tidaklah mengejutkan.

Agostini yang mantan juara dunia 8 kali GP500, 7 kali GP350 dan beberapa GP250 di antaranya diraih secara bersamaan, tidak yakin sama potensi pembalap Spanyol pada 2016. “Tahun lalu, kami mengira dia pembalap yang baik, tapi tidak seperti yang dipertontonkan sekarang. Dia sangat, sangat kuat, tenang dan cerdas. Hanya, dia butuh pengalaman.”

Kevin Schwantz yang mantan juara dunia 1993 bersama Suzuki menilai, MVK punya kecepatan untuk memenangkan lebih banyak balapan. “Pertanyaannya, apakah dia memiliki kemauan dan tindakan orang-orang seperti Rossi dan Marquez yang lebih lama di motogp. Di awal musim, kita sempat kaget, dia menunjukkan dirinya cepat, mantap, dan tenang. Ke sininya…?

Alberto Puig, mantan mentor dan manajer Dani Pedrosa menilai MVK punya ambisi yang tepat. Ini tahun pertama bersama Yamaha, jadi dia harus membiasakan diri sama mesin itu. Boleh saja dirinya berambisi merebut gelar tahun ini, namun harus disadari pesaingnya cukup kuat dan banyak.

Mantan pembalap motogp yang kini kolumnis dan komentator motogp Randy Mamola melihat MVK banyak kesamaan dengan Marquez. “Saat ini ia duduk pada waktu yang tepaat, di mesin yang tepat dengan tim yang tepat dan sikap yang benar,” tutup kenny Robert Jr. Rezki

BAGIKAN