nhk

MotoGP 2017 (Pasca Sepang) : Ini Bikin Lorenzo Bisa 1:59, Tapi Pengakuannya..

Sepang, tes, Lorenzo, Ducati

ManiakMotor – Meski bisa masuk kelompok pencetak 1:59 dan menduduki urutan kesembilan dengan selisih 0.399 dari yang tercepat (Vinales) Jorge Lorenzo masih tidak puas. Katanya, masih sangat jauh dari batas potensinya. Itulah pengakuan jujur pembalap Ducati soal performa Desmosedici GP17 selama tes 3 hari di sirkuit Sepang.

JL sangat berterima kasih pada kru yang tetap semangat memberi dukungan lantaran hasil jeblok di hari pertama tes nangkring di urutan ke-17. Untungnya mereka (kru dan teknisi) tidak kehilangan semangat, “Sehingga kami dapat memperbaiki dan bisa lebih cepat dari yang kami harapkan,” tegas JL.

Berbagai upaya dilakukan agar motor bisa melejit. Dicoba dengan ban keras, kemudian membuat simulasi, lalu menganmbil banyak info untuk untuk engineers. Hasilnya, dari tertinggal 1,6 detik bisa dipangkas tinggal 0,3.

“Ini tentu kejutan luar biasa. Walau masih sangat jauh dari batas kemampuan. Tapi, dalam kondisi seperti itu, kami yakin bisa memenangkan balapan,” tegas JL.

Setelah jeblok di hari pertama, tindakan sporadis dilakukan tim dan JL. Untuk sang pembalap, tim menuntut agar naik motor lebih agresif, lalu lebih on-off mainkan gas, termasuk pengereman. Sedang JL minta motor ditingkatkan di beberapa area dan menunjuk Michele Pirro mendampinginya (sebagai pelatih) karena punya kemiripan gaya balap.

Berkat kerja sama yang baik (saling mendukung dan memenuhi), akhirnya JL tampil mengesankan di hari terakhir tes. Kita tunggu gebrakan di Phillip Island (15 Februari) dan Jerez (8 Maret). Rezki

 

BAGIKAN