nhk

MotoGP 2017: Vinales dan Marquez Akan Bersaing, Rossi dan The Reds Jadi Pengejar

Vinales, Marquez, Sepang

ManiakMotor – Dari hasil tes resmi di Sepang, Malaysia tiga hari (30/1 – 1/2) seorang jurnalis spelialis motogp telah menganalisis. Hasilnya, cukup mengejutkan meski belum terbukti benar, tapi berdasarkan data. Disimpulkannya, Maverick Vinales dan Marc Marquez akan bersaing hebat musim ini. Sedang Valentino Rossi dan The Reds (Lorenzo) sebagai pengejar.

Menurut sang analis, duo Spanyol itu tak hanya baik mengukir waktu, juga dalam hal kecepatan. Dalam balap motor, ‘hakim’ yang bisa dipercaya adalah waktu. Dari situ Anda, kata sang analis, Anda bisa menafsirkannya. Makanya, kenapa dirinya berani menyebut MV dan MM akan bersaing hebat di 2017.

Patokannya adalah catatan waktu 1:59 dan 2:00. Nah, Vinales tampil sebagai tercepat dengan best timenya 1:59,368. Itu bukan suatu kebetulan. Ia tercatat satu-satunya pembalap yang sangat mudah bisa mencapai di bawah 2 menit dan itu diraih dalam 10 lap. Sedang 2:00 dikantungi andalan Yamaha sebanyak 20 lap.

Trus, Vinales sendiri tidak melakukan simulasi balapan. Termasuk ketika ia melahap trek Sepang dalam jumlah yang banyak untuk sekali tampil. Meski begitu, ia bisa menjaga secara konstan waktunya dalam 4 sampai 5 lap.

Bandingkan dengan rekannya Rossi. The Doctor hanya sekali menorehkan 1:59 dan 17 kali untuk 2:00. Di sini artinya, ada sesuatu yang salah dalam simulasi yang berhenti saat baru 9 lap. Alasan sang juara dunia 9 kali, karena salah pilih kompon ban balakang (pakai lunak).

Sementara Marquez yang diberitakan banyak mengalami kesulitan. Tapi, Rossi mencium gelagat kalo ujung tombak Honda itu menahan diri sambil mengintip lawan. Benar saja, di hari terakhir tes, MM tidak ikut simulasi, namun ia bisa menjaga konstan kecepatan dan waktunya.

Buktinya, dari total 85 lap, 39 lap dengan waktu 2:00, 11 lap di antaranya tidak pernah melewati 2:00,500. Kita lihat lagi tes di Phillip Island pertengahan Februari ini. Rezki

 

BAGIKAN