nhk

MotoGP 2017: Pengakuan Jujur Rossi Soal Peluangnya Musim Ini

Rossi, Yamaha M1, Gelar 2017

ManiakMotor – Valentino Rossi menyadari porsi pemberitaannya tersedot oleh rekan setimnya Maverick Vinales. Ya, iya lah, sadar juga toh, kalo udah berumur… eh paling senior deng, beda 16 tahun ama MV yang kini 22 tahun. Makanya, dia membuat ilusi dan bilang dengan jujur, sejujurnya, perburuan gelarnya ke-10 tahun ini tidak akan mudah. Tapi harus sekarang (tahun ini) atau tidak sama sekali.

Bukan lantaran Yamaha M1 tidak perform. Justru diakuinya, M1 2017 sangat baik dan sangat kuat. Bahkan sekarang ini bisa menggunakan ban Michelin baru, “Dan bisa melesat cepat dari lap awal. Tidak seperti tahun lalu, terutama paruh kedua balapan, kita sangat hati-hati dengan ban,” bilang The Doctor yang hari ini Sabtu 21 Januari 2016 akan nongol di Jakarta.

Termasuk soal sasis baru dan elektronik, lanjutnya, yang tahun lalu bikin pusing, sekarang sudah beres. Walau katanya akan mengalami lagi perubahan sesuai test yang berlangsung tiga kali lagi. Namanya juga test, motor sekarang bukan jadi pegangan utuh.

Motor bagus, seharusnya Rossi lebih mulus merengkuh juara dunia tahun ini. Tapi, ia sadar akan umurnya.”Di atas kertas, tugas saya bersama Yamaha di tahun ke-12 ini tidak lebih ringan, malah lebih berat. Ini akan tergantung seberapa kuat saya menampilkan diri, juga tim memainkan peran,” tegasnya.

Pasalnya, di mata Rossi, peta kekuatan di musim 2017 telah berubah. Ducati yang dikenal tenaganya dahsyat akan ditunggang Lorenzo dengan gaya balap yang halus. Iannone yang agresif dengan Suzuki akan bisa maksimal.

Terakhir, Vinales. Bekal dua tahun bersama Suzuki  sudah cukup kompetitif. Bahkan secara singkat pembalap Spanyol itu sudah menunjukkan kualitasnya dengan M1 di Valencia. Meski Rossi bilang, dengan M1 2017, Vinales masih perlu adaptasi, tapi tidak lama. Rezki

BAGIKAN