nhk

MotoGP 2017: Pengakuan Vinales, M1 Boleh Buka Throttle Lebih Awal = Akselerasi

M1 Vinales 2017

ManiakMotor – Ditanya pada Maverick Vinales soal Yamaha M1 2016 dan 2017, nggak ada bedanya. Dia anak baru di situ yang saat test di Valencia masih pakai M1 ‘kira-kira’. Itu saja lekas dibilang maaaantap. Disebut kira-kira, lanataran itu motor masih akan di uji lagi di Sepang, dua minggu dari sekarang dan sebagian sudah pakai data Vinales sendiri. Data itu didapat dari Valencia san Sepang.

Begitu yang dibicarakan Vinales saat peluncuran M1 2017 di Madrid, Spanyol, 19 Januari 2016. Ia bilang kaget, tapi kaget yang maksudnya gembira bangat mendapati M1 segera kepegang oleh skillnya. Adaptasinya sangat singkat. Hanya hitungan jam dia sudah bisa mendapatkan irama karakter M1.

“Yang bikin terkejut, itu motor sangat enak. Nggak pakai waktu yang lama bisa kencang. Jauh dari yang saya rasakan dua tahun lalu dengan motor berbeda. Memang motor juara seperti selama ini,” sebut Vinales yang mengangkat tinggi merek dibelanya dan seusuai kenyataan saat test Valencia lalu dia yang tercepat dalam dua hari.

Gayanya langsung bisa seragam dengan M1 tanpa hambatan berarti di Valencia. Lantas katanya semakin menyatu ketika melanjutkan test di Sepang. Sebenarnya kalimat ini yang nggak ada diucapkan Vinales usai test Valencia lalu. Maklum, saat itu Vinales masih terikat kontrak dengan Suzuki.

Ada lagi kelebihan M1 menurut Vinales yang menjadi senjata ampuhnya bertempur. Katanya dia bisa membuka throttle ‘sembarangan. Itu tanpa ada reaksi motor melempar pembalapnya dari jok. “Bahkan saya bisa buka rpm lebih awal yang selama ini saya tak bisa lakukan. Kalau sudah bisa membuka gas lebih dulu di tikungan, artinya saya unggul dalam akselerasi,” tambah Vinales.

Vinales memang malu-malu kucing di depan kamera. Body language-nya seperti umumnya orang baru. Sepertinya nggak mau lebih tinggi dari yang duduk di sampingnya yang teman setimnya 2017, Valentino Rossi. Begitu pun raut wajah saat bicara, tapi isi komentarnya semestinya bikin Rossi waspada sebagai musuh satu kubu yang podo pakai M1. Ito

BAGIKAN