nhk

MotoGP 2017: Perancang Sirkuit Kelas Dunia, Tinjau Sentul Siap-Siap

ManiakMotor – Makin mendekati benar nih Sentul dipakai buat MotoGP yang dikabar-kabarkan pada 2017 nanti. Ditandai dengan munculnya Hermann Tilke di Sentul International Circuit (SIC), Bogor, Jawa Barat pada 16 Juni 2015. Dia belum bawa anak buah untuk memermak desain Sentul. Kan masih lihat-lihat dan penjajakan.

Tilke dikenal dengan rancangan sirkuit modern yang hambatannya komplet macam Austin di Amerika yang dibangun dari nol.  Kalau Sentul kan sudah jadi, tinggal direhab-rehab sikit memang sudah jadi sirkuit. “Yang paling penting adalah konstruksi ulang aspal dan fasilitas SIC,” jelas Tinton Soeprapto, bos SIC yang mendampingi Tilke.

Namun sirkuit yang dibangun 1991 dan pernah digunakan MotoGP yang waktu itu masih disebut GP500 karena mesinnya 500 cc  2-tak pada 1995 dan 1996 itu, tetap mengalami perubahan sudut-sudut tikungan. Itu pun tergantung dana yang masuk, hehe.  Pokoknya soal desain diserahkan pada Tilke.

Saat ini tinggal menunggu seriusnya para pendana dan pemerintah. Ada duit ada barang. Ada uang ada Tilke. Lagian kan MotoGP 2017 di SIC masih rencana. Sentul masih harus bersaing dengan negara lain yang sirkuit malah sudah jadi seperti Thailnad. Soal pastinya bisa dideteksi pada 2016 saat panitia MotoGP akan mengeluarkan kalender MotoGP 2017. Sabar, tunggu perkembangannya. MM  

BACA JUGA

MotoGP 2015 Catalunya (Pasca Race): Qatar Perpanjang Kontrak, Balapan Malam 10 Tahun Lagi

MotoGP 2015 Catalunya (Tes): Marquez Balik ke Sasis 2014

MotoGP 2015 Catalunya (Tes): Rossi dan Lorenzo Cuma Makan Siang, Sasis Baru Bisa Di Aragon

BAGIKAN