nhk

MotoGP 2017 : Rossi Masih Ingin Balap 2019, Ini Sinyal Kuat Darinya

Marc Marquez dan Vinales yang kecilnya menonton Rossi, kini jadi pesaing utamanya

ManiakMotor – Ketika musim balap 2017 dimulai, bicara Valentino Rossi lebih pada mengejar juara dunia ke-10nya (kedelapan untuk kelas utama). Soal kontrak sama Yamaha yang akan berakhir 2018, sejauh ini belum pernah disinggungnya. Nah, di Sachsenring kemarin, omongan ke arah itu sudah dilakoninya, dengan penekanan.

Banyak pengamat motogp berkomentar kalo Rossi akan pensiun setelah 2017. Apalagi The Doctor sampai gagal memenuhi ambisi menyandang mahkota kedelapan, setelah tidak lagi direngkuhnya sejak 2009. Itu mereka hanya mengintip dari sisi luar Rossi, dalam hal ini umur. Tidak tahu seperti apa kekuatan yang ada di dalam tubuhnya, semangat dan juga sarana pendukung (motor).

Dari sisi sepeda motor, buktinya Yamaha M1 masih kuat dengan prestasi juara dunia konstruktor 2014, 2015, dan 2016. Apalagi di musim ini, berpasangan sama Vinales berumur 22 tahun, semangatnya pun membara dan prestasinya masih bisa dibanggakan. Buktinya, usai paruh musim ia berada diperingkat keempat dengan 119 angka. Baik Marquez sebagai pemuncak dengan 129 angka, Vinales (kedua) 124, dan Dovi (ketiga) 123 tidak bisa santai.

Artinya, secara fisik, Rossi masih siap meladeni para pembalap muda dan gempuran Honda, terlebih Ducati yang musim ini bangkit dengan hebat. Sempat mengalami kecelakaan saat latihan motocross, toh ia bisa menguasai lomba di Assen yang sekaligus menambah pundi kemenangan yang ke-115 kali.

Berbicara soal kecelakaan, dalam 21 tahun karirnya membalap – mulai dari kelas terendah 125 cc (kala itu) sampai motogp, insiden dialami di 35 balapan. Paling berat, patah tulang belakang dialami di Mugello, Italia pada 2010.

Ditanya saat kontraknya dengan Yamaha berakhir 2018, usianya pun jalan 40 tahun. Apakah akan berhenti, sementara Anda merasa masih kompetitif? “Ketika saya menandatangani kontrak untuk 2017 dan 2018, saya berpikir mungkin ini yang terakhir. Tapi, kalau saya masih kompetitif dan tetap bisa menang, maka saya ingin melanjutkan. Keputusannya, awal musim depan,” papar Rossi kepada media Jerman.

Berarti, lanjut dong. Kan, asal bisa menang, bukannya juara dunia. Lanjut, The Doctor. Rezki