nhk

MotoGP 2017: Rossi Puji Sasis Baru, Kalah Sama Honda Soal Komponen Satu Ini

ManiakMotor – Rossi memuji M1 baru yang dipakai sejak Assen – sama dengan Vinales – lebih kompetitif. Finish kelima di Sachsenring sebagai ronde kesembilan, kemarin (2/7) disyukuri dengan menghela napas lega. Meski berada diperingkat keempat, ia hanya terpaut 10 angka sama pemimpin klasemen Marquez (129) dan hanya defisit 5 angka sama Vinales (kedua) dan 4 angka dengan Dovi (ketiga).

Usai menerjang 30 lap, The Doctor tidak langsung angkat kaki dari paddocknya. Ia terlibat diskusi teknis yang lama dengan para insinyur Yamaha. Artinya, ada sesuatu yang harus dibenahi pada M1 baru agar bisa menenangkan dan menyenangkan dirinya kala berlaga di paruh musim kedua.

“Jika tidak pakai sasis baru, motor sudah seperti waterloo,” tegasnya. Maksudnya, laju M1 seperti air sungai mengalir yang dialami di Jerez dan Barcelona tidak didukung daya cengkeram bagus. Soal kecepatan sudah baik, jika di Jerman lalu posisi start lebih bagus, ia yakin bisa podium.

Ketika ada yang membandingkan dengan sasis M1 2016, Rossi angkat topi sama kedua pembalap Yamaha Tech 3. Katanya, Zarco dan Folger telah ‘membuat perbedaan’, mereka kuat dan pembalap yang baik. “Folger selalu bisa cepat sambil menjaga ban belakang,” puji Rossi.

Nah, Rossi merasa M1nya dengan sasis baru masih kalah dalam hal umur ban belakang sama Honda. Mereka (Honda), kata Rossi kurang menekankan roda belakang, sehingga saat akhir balapan kondisi masih baik dibandingkan dirinya.

“Ini salah satu masalah yang harus kami perbaiki dan tidak mudah. Pasalnya, ban banyak berubah dari satu minggu ke minggu yang lain. Jelas, kami tidak dapat memperbaiki setiap waktu,” tutup Rossi. Rezki

BAGIKAN