nhk

MotoGP 2017: Rossi, “Saya Belum Tua Di MotoGP, Tapi Penantang Terlalu Muda’’

46 Rossi Inggris 2017r

ManiakMotor – Dalam wawancara dengan MotoGP.Com memang tersirat dan tersurat ambisi Valentino Rossi di usianya 38 tahun. Di usia segitu katanya dia belum terlalu tua, hanya penantang yang bermunculan di MotoGP saja yang terlalu muda, haha podo. Akan tetapi, sejak era Rossi belum ada yang bisa setua dia berada di lintasan MotoGP.

Cara satu level dengan yang terlalu muda itu, Rossi harus kerja ekstra untuk fisiknya. Terutama gerakan tubuhny. Patah kaki kanan Rossi pada Kamis 31 Agustus 2016 lalu di arena flat track dengan special engine ada hubungan dengan itu.

“Jujur, berbeda dari 20 tahun yang lalu, pertama soal tubuh saya yang sekalng lebih sulit, perlu dilatih lebih banyak. Kedua pada tindakan dari kepala (otak) lebih mudah bila masih ABG,” sebut Rossi dalam wawancara yang difokuskan pada usaha Rossi bersaing di usia sekarang.

Tuh kan, tubuhnya sudah berbeda dengan 20 tahun lalu. Kalu sampeyan sempat muda dan sekarang seumur Rossi atau lebih, pasti merasakannya. Pinggang tidak selentur ketika berumur di bawah 30 tahun. Kalau dipaksakan kesleo bro. Trik satu-satunya nggak pernah mengendurkan latihannya. Risikonya seperti yang dialaminya sendiri.

Belum lagi refleks dan nyali yang semua berkaitan dengan isi kepala. Kan kata dokter, seiring umur bertambah semua fungsi organ tubuh persentasenya akan berkurang. Persentase terbaik ketika berumur 25 tahun. Jatung misalnya, bekerja 100 persen saat berusia segitu.

Buat Rossi, di usianya yang seharusnya sudah om-om itu, adalah tantangan besar. Dia makin belajar banyak. “Untuk melawan mereka harus cerdik pada strategi yang strategis. Lomba sekarang, selongsong gas harus dibuka terus dari awal lap sampai finish, sangat menuntut fisik. Dulu sekitar belasan tahun lalu, saya belajar dari para pembalap yang lebih tua. Tapi sekarang sebaliknya, saya belajar dari yang muda-muda,” pungkas Rossi dalam wawancara tersebut seperti mengingatkan pada penggemarnya usaha Rossi yang nggak main-mnain sampai patah-patah tulang melawan umur dan anak muda.

Benar, Rossi belum tua di MotoGP, hanya lawannya terlalu muda. Miolo

 

BAGIKAN