nhk

MotoGP 2017: Rossi Sudah Biasa Dapat Teman Setim Yang Kuat, Tahun Sensional

m1 2017

ManiakMotor – Valentino Rossi bilang tahun ini sensasional. Itu diucapkan pada saat peluncuran Yamaha Movistar MotoGP pada Kamis 19 Januari 2017 di Spanyol. Nggak terang-terang amat sih bilang sensional dari segi motor, teman setim atau umur 38 tahun masih berprestasi di MotoGP.

Bila dari motor, Rossi mengaku asli pakai M1 2017 sejak dari tes Valencia yang berlanjut ke Sepang. Itu pasti, karena yang 2016 jatah mesinnya sudah habis, hehe. “Setiap musim MotoGP punya momen penting dan berharga. Khusus tahun ini lebih sensasional, tapi setiap tahun selalu berbeda,” kata Rossi yang malah menjawab soal sensasinya dan momentum.

Dia belum jawab motornya, hanya perjalanan setiap tahun yang situasinya berbeda. Pastilah beda, karena tahun ini, Rossi sudah berpasangan dengan Maverick Vinales, bukan lagi Jorge Lorenzo yang sepanjang perjalanannya kerap berselisih. Potensi yang sama adakah pada Vinales yang sejak duduk di jok M1 sudah acak-acak papan atas ketika test di Valencia.

Rossi menanggapi temannya yang masih 22 tahun itu, wajar-wajar wae. Tim sebasar Yamaha selalu memilih bakat yang terbaik. Rossi telah terbiasa dengan teman setim yang kuat. Dia bisa menjalaninya sepanjang karirnya di tim-tim pabrikan MotoGP. Ya dari Honda, Yamaha, Ducati dan ke Yamaha (lagi).

Mungkin juga sudah ada strategi untuk bersahabat di dalam dan di luar sirkuit. “Seperti Jorge (Lorenzo), dia teman setim yang kuat. Maverick, sebelumnya saya berpikir dia butuh penyesuaian lebih lama. Faktanya sejak hari pertama naik M1, sudah sangat mengejutkan. Bisa saja dia berjuang untuk jadi juara,” kata Rossi tanpa cerita caranya untuk melawan teman setim tersebut.

Kembali ke motor yang menurut Rossi asli 2017 dari hasil pengembangan dirinya dan tim tahun lalu. “M1 2017 walau dibanding 2016 nggak banyak berubah, saat coba di Valencia sangat potensial. Pindah ke Sepang bisa ditingkatkan beberapa kilo meter top speed-nya setiap gigi. Feeling pada manuver juga menjanjikan dan ada potensi bisa berkembang sebelum seri pertama di Qatar,” sebut Rossi pada M1-nya yang akan dikembangkan kembali di tes Sepang nanti lebih sensasional.

Inilah yang disebut Rossi momen penting dan sensasional. Pada Februari 2017 sudah 38 tahun. Paling berumur dari seluruh peserta MotoGP. Ito