nhk

MotoGP 2017 (Tes Sepang): Fairing M1 Rossi Memiliki Winglet Internal

46 rossi test sepang 2017a

ManiakMotor – Apa pun baik buat Valentino Rossi. Macam testing hari kedua di Sepang, Malaysia 31 Januari 2017, katanya hari yang baik. Kendati VR46 hanya posisi ke-4, itu dianggapnya peningkatan dibanding hari pertama.

Rossi hari kedua mencetak 2:00.254 atau masih selisih 0.802 detik dari yang tercepat. Lebih baik dari hari pertama yang mencetak 2:00.694 dan hanya ke-8. “Hari kedua ini bisa meningkatkan waktu lap dibanding hari pertama. Itu baik, berarti ada peningkatan,” jelas Rossi yang menggunakan fairing baru pada M1-nya.

Fairing tersebut katanya memanipulasi aerodinamisnya dengan menggunakan winglet internal. Maksudnya, wingletnya walau nggak kentara ditanam sekaligus dengan fairing. Memang tidak sebesar winglet eksternal yang sudah dilarang 2017.

Tapi lebih baik dari pada nggak ada sama sekali. Perhatikan fairing M1-nya yang memang punya potongan bertingkat dari tudung dan bagian bawahnya. “Fairing bukan perbedaan besar dengan sebelumnya. Tapi sasis baru ada perbedaan yang terasa lebih baik. Itu dibandingkan dengan versi lama. Namun itu belum diputuskan dan masih terus diperiksa pada hari terakhir tes,” sebut Rossi.

Rossi mengklaim mengetes motornya dengan metode berbeda, termasuk fairing yang berbeda tadi. Dia terus coba frame yang berbeda, sasis berbeda, ban yang berbeda dan akhirnya keempat tadi yang disyukuri Rossi. Ito

BACA JUGA

Hasil Tes MotoGP Sepang, Malaysia, 30 Januari – 1 Februari 2017

BAGIKAN